Disdag Temukan Pelanggaran HET Migor

  • Bagikan

* Nuryadin: Petugas Ritel Moderen Sembunyikan Stok

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, AMASSANGAN— Dinas Perdagangan bersama Satpol-PP Kota Palopo melakukan pemantauan Minyak Goreng (Migor) pada distibutor, ritel moderen, dan Pusat Niaga Palopo (PNP), Kamis, 24 Februari 2022. Ditemukan pelanggaran Harga Eceran Tertinggi (HET) dan penyimpanan sebagian stok.

Pelanggaran HET ditemukan di PNP. Toko Viqi II Jl. Mangga menjual Migor kemasan kelas sederhana Rp13 ribu per setengah liter. Lalu di ritel moderen, ditemukan sebagian stok disembunyikan petugas ritel untuk dijual kepada kenalan. Misalnya, Migor masuk lima karton yang dijual untuk umum hanya tiga karton. Dua karton dijual kepada Ibu Rumah Tangga (IRT) kenalannya.

Sementara distributor, dianggap aman alias tidak ada penimbunan dan pelanggaran HET. Ada stok Migor yang masuk, namun jumlahnya jauh dari angka normal. Seperti pada distributor PT Sinar Gowa Jl. Ahmad Razak, kemarin masuk satu kontainer atau 1.550 dos (satu dos=12 liter). Sementara kebutuhan Migor Palopo mencapai 30 kontainer per bulan.

Menurut Kadis Perdagangan Palopo, Nuryadin SH MSi MH didampingi Sekretaris Satpol-PP Palopo, Muhajir Basir di sela-sela pemantauan, pihaknya sudah menegur pedagang yang menjual Migor di atas HET. Hanya saja, pedagang terpaksa menjual di atas HET karena mereka juga membeli Migor dari sales distributor dengan harga di atas HET.

Sesuai ketentuan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 6 Tahun 2022, HET Migor curah Rp11.500 per liter, kemasan sederhana Rp 13.500 per liter, dan kemasan premium Rp14 ribu per liter.

Pada pemantauan itu, Nuryadin menyampaikan kepada pedagang agar jangan ‘menahan’ atau menyimpan stok Migor.

”Kalau lima karton datang, kasi keluar semua untuk dibeli masyarakat. Jangan ada disimpan-simpan,” terangnya di hadapan pedagang.

Sementara Owner Toko Viqi II, Ilham yang dikonfirmasi Palopo Pos mengakui, pihaknya menjual migor kemasan sederhana dengan harga Rp13 ribu per setengah liter. Itu ia mengambil barang dari distributor CV Sinar Mentari Palopo Kel. Buntu Datu Rp10.900 per setengah liter. (ikh)

  • Bagikan