Tiga Putra Lutim Layak 02 di Pilgub Sulsel

  • Bagikan

* Yakni Budiman, Andi Hatta Marakarma, dan Taqwa Muller

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI– Menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan 2024, sejumlah putra Kabupaten Luwu Timur (Lutim) yang dinilai layak bertarung di posisi 02 atau Calon Wakil Gubernur Sulsel, mulai mengemuka.

Tokoh itu antara lain Drs H Budiman MPd yang saat ini menjabat sebagai Bupati Lutim, HA Hatta Marakarma, anggota DPRD Sulsel asal Partai Golkar yang juga mantan Bupati Lutim dua periode, dan Muhammad Taqwa Muller, anggota DPRD Sulsel juga dari Partai Golkar.

Analisa itu disampaikan Ketua Badan Kajian Pengawasan Kebijakan Pembangunan Aliansi Media Jurnalis Independen Republik Indonesia (BKPKP AMJI-RI), Muhammad Rafi’i, dalam rilisnya Kamis, 24 Februari 2022. Ia menyebutkan, ketiga nama tadi merupakan tokoh kharismatik yang dimiliki Lutim.

“Ketiganya, Pak Budiman, HA Hatta Marakarma, dan Takwa Muller merupakan figur-figur asal Lutim yang punya daya jual tinggi di panggung politik, mereka sangat layak didorong maju sebagai bakal calon Wagub di Pilkada Serentak 2024,” terang Rafi’i.

Ia beralasan, selama ini Lutim merupakan daerah yang punya kontribusi besar untuk kemajuan Sulsel, sehingga sudah saatnya ada sosok pemimpin dari Lutim yang dapat mewakili Luwu Raya di perhelatan Pilgub Sulsel.

“Pak Budiman sebagai Bupati Lutim saat ini punya kans maju sebagai Cawagub Sulsel, begitupun dengan Andi Hatta, serta Takwa Muller peluang mereka sama semua untuk mengisi bursa Cawagub pada Pilkada 2024 nanti,” papar Rafi’i.

Lanjut ditambahkan, selain mempunyai kapasitas baik dari elektabilitas maupun popularitas, ketiga nama-nama tersebut boleh dikata merupakan putra-putra terbaik Lutim yang ada saat ini. “Mereka figur yang dapat menjadi representasi perwakilan Luwu Raya di gelanggang politik provinsi,” tukas Rafi’i. (ikh)

  • Bagikan