Musrenbang Sopai, Jalan Poros Alang-alang -Salu Hanya Dianggarkan Rp4 M

  • Bagikan

Ketua DPRD Toraja Utara, Nober Rante Siama didampingi Camat Sopai Paulina Novita Banne ,Ka Bappeda, Babinsa, Bhabinkamtibmas di ruang pola kantor Samat Sopai, Rabu, 2 Maret 2022. –albert tinus–

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO- Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2023 Kecamatan Sopai, Kabupaten Toraja Utara, yang dilaksanakan di aula kantor Camat Sopai, Rabu, 2 Marer 2022.

Musrenbang RKPD 2023 Kecamatan Sopai dibuka langsung oleh Camat Sopai Paulina Novita Banne. Turut hadir
Ketua DPRD Toraja Utara Nober Rante Siama, Wakil Ketua Calvin Para’pak Tondok, Anggota DPRD Ariadi Gala, Stepanus Mangatta dan Harun Rante Lembang, sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Camat Sopai memanjatkan kehadirat Tuhan yang maha kuasa ,oleh karena kasih dan karunia dari sang pemilik kehidupan. Sehingga saat ini bertemu untuk melaksanakan kegiatan Musrenbang RKPD 2023.

“Perlu saya sampaikan kepada pak ketua DPRD ,Wakil Ketua dan para Anggota DPRD ,serta seluruh hadirin ,bahwa baru saat ini saya berdiri dihadapan bapak /ibu untuk membuka acara seperti ini. Izinkan kami memperkenalkan diri, karena pada tanggal 16 Februari 2022 yang lalu dilantik sebagai Camat Sopai. Dan harapan saya, dalam keterbatasan saya sebagai perempuan dan belum mengetahui apa yang dilakukan di Sopai ini dalam hal pemerintahan.

“Dan saya mohon kepada bapak /ibu untuk membantu saya dalam menjalankan roda pemerintahan di Kecamatan Sopai karena saya tidak mampu tanpa dukungan dari bapak/ibu,” kata Camat Sopai ini.

Menurutnya, Musrenbang ini sudah ada usulan dari lurah dan lembang. Saat ini kita perbincangkan bersama untuk dibawah ke kabupaten.

“Harapan kami bahwa bapak ketua DPRD dan anggota DPRD nantinya akan memperkuat di kabupaten,” harapnya.

Sementara Ketua DPRD, Nober Rante Siama dalam sambutannya menjelaskan, Jalan Poros Alang-alang -Salu akan dilaksanakan pekerjaannya dengan Anggaran Rp4 Miliar. Meski katanya, awalnya dia mendengar anggarannya Rp8 Miliar. Agak panjang sehingga butuh anggaran yang besar. Apalagi jalan ini adalah jalan kabupaten untuk menghubungkan beberapa kecamatan ini sangat Urgent.

“Jadi nanti rekan-rekan anggota DPRD yang hadir silakan perjuangkan untuk kelanjutan dari kekurangan pekerjaan jalan poros Alang-alang -Salu,” beber Ketua DPRD Torut.

Ditambahkan Stepanus Mangatta, anggota DPRD Fraksi Gerindra mengatakan, musrenbang adalah rutinitas setiap tahun dilaksanakan. Namun, dari seribu usulan tapi nyaris tidak ada yang masuk. Meski demikian, jangan bosan-bosan ”Inilah Negara kita, inilah peraturan kita,” katanya.

Tadi dari Bappeda sudah menyampaikan untuk RKPD Tahun 2023 yakni pembangunan insfratruktur dan akselerasi informasi birokrasi yang didalamnya ada dua yang saya tangkap untuk kita hubungkan ke program hari ini. Yang pertama kompetensi guru-guru dan penguatan kelembagaan lokal di lembang.

Stepanus juga menyoroti terkait guru-guru yang telah mempunyai kompetensi yang bagus namun dinonjobkan. Untuk apa bikin program yang muluk-muluk, sementara yang sudah ada tidak dipakaia. Malah melanggar aturan.

“Guru-guru yang sudah kompetensi tidak dipakai (non job). Miris melihatnya. Saya marah satu kali ini. Saya marah ini. Dan kedua, terkait penguatan kelembagaan lokal di lembang. Tahu tidak PAD dari mana ,dari lembang dari Tongkonan. Lalu tokoh-tokoh adat kita dari sana kita kasih apa ke mereka. Ada ruang di sini agar kita pikirkan bersama kasih kesejahteraan mereka,” tgas Stepanus Mantan Ketua DPRD Torut periode 2014-2019.

Musrenbang Sopai dibidang Insfratruktur,seluruh perwakilan menyepakati pengusulan dalam melanjutkan pekerjaan jalan poros Alang-alang-Salu, agar dilanjutkan hingga tuntas di tahun 2023.

Hadir dalam musrenbang RKPD TA.2023 yakni Kepala OPD terkait dan jajarannya , 7 Kepala Lembang, Lurah Nonongan , Babinsa, Bhabikamtibmas, para pendamping desa kecamatan, dan para utusan musrenbang dari masing- masing lembang dan kelurahan.(albert)

 

  • Bagikan