Harga TBS Sulsel Tembus di Angka Rp3.100

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Rapat Penetapan Harga Tandan Buah Sagar (TBS) kelapa sawit tingkat Sulawesi Selatan baru saja usai. Hasilnya, Ketua Tim yang juga Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Sulsel mengetuk palu atau menetapkan harga TBS untuk periode Maret 2021 Rp 3.100 per kilogram.

Dengan harga baru Rp 3.100 TBS Sulsel, itu artinya harga TBS mengalami kenaikan yang cukup signifikan yakni Rp 400 dari harga periode lalu yakni Rp 2.700, bahkan baru pertama ini harga TBS Sulsel naik begitu besar.

Rapat Penetapan harga TBS dilaksanakan di Aula Dinas TPHP Sulsel, Jumat 4 Maret 2022 dan dihadiri Ketua Apkasindo Provinsi Sulsel, DR Ir Badaruddin Puang Sabang dan Sekertarisnya, para Kepala Dinas TPHP Kabupaten/kota, dan dari pihak Manajemen Pabrik Kelapa Sawit (PKS).

Ketua Apkasindo Sulsel, Badaruddin Puang Sabang dimintai komentarnya usai rapat harga mengatakan bahwa Harga TBS yang ditetapkan oleh ketua tim penetapan sudah dapat kita terima dan tentunya harus disyukuri, Walaupun kata Puang Badar harga TBS di provinsi tetangga di angka Rp 3.200 sampai 3.300 per kilogram.

” Tapi harga yang ditetapkan itu adalah harga minimum artinya bahwa PKS bisa membeli TBS dengan harga diatas dari harga yang ditetapkan, tapi melihat perkembangan harga CPO dan harga TBS Provinsi lain, idealnya harga TBS Sulsel berada di harga Rp3.200 sampai Rp3.300,” ujar Puang Badar (panggilan akrab Badaruddin Puang Sabang)

Bahkan lanjut Puang Badar harga TBS di Sumatra sudah ada yang mencapai Rp. 3.900 bahkan Rp 4000 per Kilogram.Tapi kita menerima dan menganggap bahwa dengan harga Rp3.100 untuk Sulsel sudah termasuk kategori baik.

“Perjuangan harga TBS yang berkeadilan tetap dilanjutkan dan kita mengharap penetapan harga bulan berikutnya bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.(mahmuddin)

  • Bagikan