Fauzi Beri Pencerahan 2,5 Jam pada Silaturahim KAHMI di Palopo

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SALEKOE– Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sulsel yang juga anggota DPR-RI, Muhammad Fauzi SE memberikan pencerahan selama 2,5 jam pada Temu Silaturahim dengan pengurus Majelis Daerah (MD) KAHMI di Cafe Sweetness, Palopo, Kamis, 3 Maret 2022.

Fauzi yang juga suami dari Indah Putri Indriani (Bupati Lutra), didampingi Ketua KAHMI Kota Palopo, Drs Baharman Supri MM yang juga anggota DPRD Palopo, Samsul Alam (mantan komisioner KPU Palopo), dan sekira seratus peserta silaturahim yang terdiri pengurus MD KAHMI Palopo, para ketua dan pengurus KAHMI DIPO dan MPO Kohati.

Pencerahan sekitar 2,5 jam itu sangat menarik karena sesekali Ketua KAHMI Palopo ikut memberi tambahan. Pesan dari Muhammad Fausi, kader HMI harus merubah mindset jika tidak ingin menjadi penonton pada era digital yang berubah begitu cepat.

Sementara Baharman pada kesempatan itu, meminta kepada HMI agar terus mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu beradaptasi dengan perubahan iklim, perubahan era baru, dan penggunaan teknologi yang memungkinkan bertambahnya pengangguran jika hanya mengandalkan ijazah formal.

Pendidikan digital adalah salah satu bentuk tantangan mahasiswa saat ini. Misalnya ada seorang anak yang hanya belajar di media sosial (medsos) bisa terbangkan helikopter buatan sendiri di Pinrang. Ada seorang hanya belajar sendiri di medsos bisa dengan percaya diri berbahasa di TV media sosial dengan fasih dan konfidence sampai delapan bahasa internasional. Ini merupakan ancaman baru alumni kampus.

Lanjut Baharman, yang menarik diskusi dua arah oleh banyak peserta sekitar seratus orang berdasarkan jumlah gelas kopi susu yang ada, sejumlah peserta menyadari dan menyarankan agar gerakan KAHMI bertani, KAHMI berdagang, KAHMI lebih pada kebutuhan yang lebih produktif semua sektor kehidupan disarankan oleh para peserta sendiri.

Dan sebagian peserta tetap meminta perhatian agar perjuangan terhadap pembentukan Kabupaten Luwu Tengah dan Provinsi Tana Luwu tetap digelorakan di mana-mana.

Pada kesempatan itu, Fauzi memberikan bantuan stimulus kepada HMI Dipo dan MPO untuk kontrakan sekretariat sebesar Rp5 juta. Dan sumbangan satu unit laptop untuk KAMI Palopo.

”Insya Allah pada momen berikutnya kita perbanyak silaturahim seperti ini untuk berbagi informasi, terutama informasi dari tokoh yang dekat dengan kekuasaan di pusat. Setidaknya kita bisa membedakan mana yang hoax dan mana yang legal jika berkaitan dengan kebijakan negara,” kunci Ketua KAHMI Kota Palopo.

Ditambahkan, respon Muhammad Fauzi sangat setuju tentang KAHMI HMI gerakan bertani, berwirausaha mengikuti jejak Ketua KAHMI Palopo. Fauzi mengatakan pengalamannya study banding ke Brasil, petani di sana ratusan tahun miskin tapi setelah dimodernisasi yang dimulai dari perubahan pola pikirnya, sekarang Brasil unggul produksi pertaniannya. Bahkan menjadi negara pengimpor hasil pertanian dunia.

”Kita sebagai negara agraris sangat memungkinkan untuk lebih dari Brasil. Karena kita punya alam sangat subur dan kaya, tinggal kapan kita memulai,” tantangnya. (ikh)

  • Bagikan