Buka Basic Training, Baharman Motivasi Kader HMI

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA– Ketua Majelis Daerah (MD) KAHMI Palopo, Drs Baharman Supri MM membuka Basic Traning Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Angkatan I se Universitas Andi Djemma (Unanda) di Aula Kampus I Unanda Palopo, Senin, 14 Maret 2022 malam.

Pada kesempatan itu, Baharman yang juga anggota DPRD Palopo menyampaikan sejumlah pesan kepada peserta agar mengikuti dan berbangga diri menjadi kader HMI di masa depan. Karena HMI, disamping organisasi terbesar juga kadernya menyebar di berbagai lembaga pemerintahan. Mulai dari Lurah sampah ke Wakil Presiden segaimana JK terpilih dua kali jadi Wapres.

Meski pernah menjadi calon Presiden tapi karena faktor geopolitik Indonesia, JK (Jusuf Kalla) orang Sulsel sementara masyarakat Jawa lebih banyak populasinya. Dan mitos orang Jawa belum berubah, masih banyak yang percaya mitos Notonogoro oleh Jaya Baya.

”Tapi kita tetap optimis pengetahuan cepat berubah. Siapa saja bisa jadi Presiden dan dari mana saja. Yang penting kapasitas mumpuni untuk mengendalikan negara sebesar Indonesia,” jelas Baharman kepada Palopo Pos, Selasa, 15 Maret 2022.

Motivasi Baharman, bukan tidak mungkin ada yang muncul dari alumni bacis training ini sebagai calon pemimpin masa depan.

Politisi Golkar ini juga mengingatkan mahasiswa yang memutuskan menjadi kader HMI, harus bisa membaca tanda-tanda zaman. Misalnya sekarang ini, modal sarjana S1 belum cukup untuk membuat sukses. Menghadapi perubahan yang begitu cepat, maka disarankan melanjutkan kuliah ke jenjang berikutnya. Begitu juga yang sudah S2, lanjutkan ke jenjang S3 dan seterusnya.

Berikutnya, kader HMI jangan diskusinya politik kekuasaan melulu. Tetapi juga HMI bertani, HMI berwirausaha, HMI beternak ayam, HMI budidaya lobster, HMI menguasai teknologi, dan lainnya. Karena tidak diinginkan ke depan, HMI menjadi tempat berkumpulnya penganguran intelektual.

Tetapi HMI tempat berkumpulnya orang-orang intelektual sekaligus kumpulan orang yang selalu menyebarkan kebaikan, akhlak mulia sehingga perjuangannya selalu diridohi oleh Allah Swt. HMI tempatnya orang-orang yang kreatif tinggi, yang menghasilkan nilai ekonomi baik untuk diri sendiri maupun untuk dinikmati masyarakat umum atau konsumen. (ikh)

  • Bagikan