Ke Rumah Kost, RMB Dengarkan Keluh Kesah Warga

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PAJALESANG– Wakil Walikota Palopo Dr. Ir. H. Rahmat Masri Bandaso, M.,Si atau biasa di sapa RMB mengunjungi masyarakat yang tinggal di kos-kosan dan mendengarkan keluh kesah warga yang tinggal di sebuah kos tersebut yang beralamat di Jalan Ahmad Razak Kompleks Cempaka, Palopo, Sabtu, 19 Maret 2022.

Pada kunjungan ini, Wawali mendengarkan keluh kesah masyarakat dalam keadaan pandemi saat ini. Ada beberapa tanggapan masyarakat seperti langkanya minyak goreng dan kurangnya terbuka lahan pekerjaan bagi masyarakat.

Dan sejak pandemi Covid-19, stabilitas perekonomian mengalami gangguan cukup berat, termasuk bagi para pelaku bisnis. Bahkan, tidak sedikit perusahaan besar yang harus melakukan pemotongan jumlah pegawai karena income turun drastis. Beberapa di antaranya bahkan terpaksa gulung tikar.

Bagi pemilik rumah kos dan kontrakan, pandemi juga memberikan dampak nyata. Pasalnya, sebagian besar anak kos merupakan mahasiswa atau pekerja rantau dari luar kota.

Sejak diberlakukan aturan pembatasan kegiatan di luar rumah, sebagian mahasiswa dan karyawan rantau banyak yang memutuskan untuk tidak melanjutkan perpanjangan sewa kos, karena lebih memilih untuk pulang kampung. Apalagi, kegiatan perkuliahan juga dialihkan ke sistem online.

Bahkan di kota-kota besar, hanya ada segelintir anak kos yang masih bertahan. Kondisi ekonomi yang sulit juga berimbas terhadap proses pembayaran sewa kamar, sebab tidak sedikit penghuni kos harus menunggak membayar kos karena pendapatan terdampak pandemi.

Di sisi lain, kondisi tersebut juga memaksa beberapa pihak pemilik kos untuk menurunkan harga sewa dan memberikan potongan khusus. Ini terpaksa dilakukan agar kamar kos tetap memiliki penyewa dan pemilik bisnis tetap bisa memperoleh pendapatan untuk bertahan hidup. (rls/ikh)

  • Bagikan