Alkep Dewan Mulai Bergulir

  • Bagikan

*Hari Ini, Pimpinan dan Fraksi Gelar Pertemuan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA–Alat kelengkapan (Alkep) dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kota mulai bergulir. Ada lima fraksi dari 25 kursi di DPRD Palopo saat ini mulai menyusun persipan dalam memperbutkan pimpinan sejumlah alkep dewan untuk sisa masa periode yakni, fraksi partai Golkar koalisi Hanura (6 kursi), fraksi Nasdem koalisi PKB, PPP, PKS dan PAN (10 kursi), fraksi Gerindra (3 kursi), PDI Perjuangan (3 kursi), dan fraksi Demokrat (3 kursi).

Ketua DPRD Palopo, Hj Nurhaenih mengatakan bahwa DPRD Palopo segera melaksanakan kocok ulang alkep untuk sisa masa periode dewan yang berakhir 20224 mendatang. “Pimpinan baru akan melaksanakan rapat soal ini. Kalau tidak kendala besok (hari ini) pimpinan dan semua pimpinan fraksi akan membahas soal kocok ulang ini,” kata Nurhaenih, Minggu 20 Maret 2022.

Dijelaskan Nurhaenih, kocok ulang alkep ini dilakukan berdasarkan tata tertib (Tatib) DPRD dari setengah periode yang telah dilalui selama ini dalam kurung waktu lima tahun. “Jadi, setiap dua setengah tahun dilakukan kembali kocok ulang. Setiap fraksi akan mengajukan nama-nama dari anggota mereka untuk di tempatkan di setiap alkep,” katanya.

Legislator asal fraksi Golkar ini ikut memastikan penetapan alkep ini dilaksanakan di bulan Mei mendatang. Saat ini pimpinan DPRD mulai melakukan tahapan untuk kocok ulang alkep. “Terlebih dahulu kami rapatkan. Selanjutnya, pengajuan nama-nama calon anggota alkep dari fraksi kemudian dilakukan penetapan melalui sidang paripurna,” jelas Nurhaenih.

Sementara, informasi menyebutkan sejumlah fraksi di DPRD bakal melakukan perombakan pada beberapa alkep. Salah satunya, di bagian badan anggaran (Banggar). Fraksi PDI Perjuangan, Gerindra dan Nasdem disinyalir akan melakukan perubahan nama. Kemudian, alkep lainnya seperti di tingkatan komisi dan badan lainnya ikut mengalami perubahan. (rul)

  • Bagikan