159 Peserta Berebut Juara di MTQ X Palopo

  • Bagikan
MTQ PALOPO LEBIH BERCAHAYA. Pemandangan lokasi MTQ X Kota Palopo di Lapangan Pancasila, yang direkam menggunakan drone, 28 Maret 2022. Nampak lampu sorot yang menyala terang dan defile kafilah dari tiap kecamatan dan perangkat daerah mengisi acara pembukaan. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS
  • Panitia Siapkan 6 Lokasi Perlombaan, Pembukaan Tadi Malam Spektakuler

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Pelaksanaan pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) X Kota Palopo disambut penuh antusias oleh masyarakat Palopo dan spektakuler.
Tampak ribuan warga memadati jalan utama imbas dari padatnya Lapangan Pancasila sebagai tempat pelaksanaan kegiatan pembukaan. Perkiraan kurang lebih 10 ribu warga memadati pelaksanaan acara.
Ketua Panitia MTQ-X, Farid Kasim Judas dalam laporan merasa bersyukur MTQ X ini disambut baik oleh masyarakat. Dimana kegiatan yang bertema kolaborasi membangun akhlak digelar selain untuk membangun kebersamaan dengan seluruh stakeholder untuk masyarakat berdasarkan qurani, juga sebagai ajang seleksi calon peserta untuk MTQ Sulsel di Bone pada Mei, mendatang.
"Yang luar biasa ini adalah, masyarakat menyambut antusias kegiatan ini, terlihat dari kecamatan hanya ditarget 100 dalam rombongan, justru ada yang hadir 1.000, selain itu kegiatan ini untuk mempersiapkan calon peserta MTQ tingkat provinsi di Bone yang digelar mei nanti," ungkap FKJ, sapaan akrab Ketua Panitia.
Lapangan Pancasila sebagai panggung utama dimana sebanyak 6 titik tempat pelaksanaan yakni di Aula kemenag, Masjid Agung, Masjid Al Awwabim Datok Sulaiman, MAN Palopo dan, MTSN Palopo.
Dilaporkan sebanyak 8 kategori lomba dari 23 cabang yang dipertandikan itu diikuti oleh 159 orang peserta dari 9 kecamatan degan putri 73 orang dan putra 81 orang.
FKJ, dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yang turut menyukseskan kegiatan ini. "Ini adalah kolaborasi antara semua pihak yakni kemenag, Polri TNI dan sejumlah stage holder lainnya," sebutnya.
Kepala Kemenag Palopo, HM Rusydi Hasyim mengatakan perhelatan ini adalah jawaban untuk kerinduan masyarakat Palopo terhadap MTQ, itu terlihat masyarakat yang tumpah ruah. MTQ diharap sebagai panggung bagi masyarakat tana Luwu yang telah merindukan pelaksanaan kegiatan ini sejak dulu.
Sementara itu, Wali Kota Palopo, HM Judas Amir dalam sambutannya mengatakan malam ini kita sudah lihat bahwa kita menantikan kebaikan.
"Kita sudah menantikan MTQ ini, Alhamdulillah malam ini kita wujudkan dan memberikan ruang kepada semua untuk masyarakat bertanding dan mewakili kita bertanding di Provinsi nantinya, saya minta juga supaya kebaikan yang lain jangan disepelekan, malam ini kita berkumpul masih dalam suasana pandemi, itu jangan disepelekan," katanya.
Jangan sampai masih terjadi penyebaran, meski di Palopo sudah terjadi penurunan namun bukan tidak mungkin itu tidak bisa terjadi. "Namun harapan kita tidak ada lagi penyebaran, " tambahnya.
Kita tidak ingin sehabis MTQ ini terjadi. "Tapi saya yakin semua yang hadir disini sudah divaksin," ungkapnya.
"Saya minta Jangan ini disepelekan. Jika belum vaksin, segera lakukan baik 1 dan 2," tandasnya.
Ia berterima kasih kepada panitia atas pelaksanaan ini. Dan kepada dewan hakim ia mengharap agar memantaskan para juara sebagai peserta MTQ di Bone Mei mendatang. Diawal kegiatan digelar persen agan tali kolosal serta defile dari 9 kecamatan dan perangkat daerah.(ald/idr)

  • Bagikan