Pasar Ramadan di RTH Magani Park Dapat Menambah Omset Bagi UMKM Hingga 50 Persen

  • Bagikan

Pasar Ramadan yang digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Magani Park, di Sorowako, Kelurahan Magani, Kecamatan Nuha, Sorowako Luwu Timur. –ist–

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SOROWAKO— Pemerintah Kelurahan Magani yang bekerjasama dengan Bumdesma Anatowa Otolu, Bank Mandiri, Sahabat Hidayah Sorowako (SHS), serta Search And Rescue (SAR) menggelar Pasar Ramadan.

Pasar Ramadan ini diadakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Magani Park, Sorowako, Kelurahan Magani, Kecamatan Nuha, Luwu Timur.

Pasar ini dibuka sejak 3 April 2022 lalu, dengan memanfaatkan taman rekreasi dan sarana pengembangan ekonomi yang dibangun oleh PT Vale melalui program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) pada tahun 2020-2021.

Dan, diharapkan dapat membawa berkah bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di daerah ini, melalui jajanan dari aneka kuliner untuk kebutuhan takjil selama berpuasa.

“Melalui pasar ramadan ini tentu membawa berkah luar biasa bagi kami, karena trend penjualan terus meningkat hingga 50 persen.

“Dibanding bulan ramadan sebelumnya penghasilan kurang, dan alhamdulillah penghasilan saya selama beberapa hari ini lumayan meningkat hingga mencapai 50 persen,” ungkap salah seorang pedagang kuliner jajanan nusantara, Najmiah.

Menurut Najmiah, lokasi penjualan tahunan ini sangat strategis, sehingga mudah untuk mendatangkan pengunjung atau pembeli.

“Lokasinya sangat strategis, dekat terminal dan di sampingnya ada ATM sehingga sangat memudahkan pembeli untuk belanja, adapun dari segi parkiran juga luas sehingga bisa mengurangi kemacetan,” jelas Najmiah, kemarin.

Sementara itu, Senior Manager Social Development Program (SDP) PT Vale Indonesia Tbk, Ardian Putra, Kamis 7 April 2022 menuturkan, PT Vale senantiasa hadir memberikan dukungan bagi UMKM, tidak saja pendampingan melalui pelatihan, tapi juga bagaimana produk UMKM bisa melakukan penetrasi pasar.

Salah satunya dengan memberikan ruang untuk memasarkan produknya, seperti memanfaatkan fasilitas yang dibangun oleh perseroan.

Termasuk dihadirkannya Gallery UMKM Kareso yang telah berjejaring juga dengan beberapa hotel dan ritel.

“Bulan ini spesial karena bulan ramadan, animo warga lebih besar, kita perlu apresiasi Bumdesma Anatoa yang kreatif menghelat pasar ramadhan ini.
Termasuk sinergi dengan Bank Mandiri yang mengenalkan aplikasi transaksi QRIS, sehingga memudahkan para pembeli,”ujar Ardian Putra.

Ia melanjutkan, fasilitas RTH Magani Park merupakan bagian dari asset PKPM sebagai wujud komitmen program PPM PKPM yang dikelola Bumdesma Anatoa, karena selain memberi manfaat sosial dan lingkungan, juga bernilai tambah pada ekonomi kerakyatan, ungkapnya. (akmal)

  • Bagikan