5 Alang Porak Porandakan Akibat Puting Beliung di Torut

  • Bagikan

* Kerugian Ditaksir Rp500 Juta

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TIKALA — Lima Lumbung Padi atau Alang tempat penyimpanan padi di Lingkungan Tu’tungan Biak Utara, Kelurahan Tikala, Kecamatan Tikala, Toraja Utara, terjungkir dan porak poranda akibat terjangan angin puting beliung, Jumat sore (08/04/2022).

Saat kejadian, selain lumbung padi/alang, ada juga satu rumah adat Tongkonan yang ikut terdampak rusak ringan akibat tiupan angin puting beliung yang sangat kencang.

Salah seorang warga sekitar, Israel Masudi (48) mengatakan, lumbung dan berikut rumah Tongkonan yang rusak adalah milik rumpun keluarga Piter Patanduk (57). Peristiwa ini terjadi pada sore hari sekitar pukul 17.05 Wita.

“Saat kejadian, saya baru pulang dari kota dan beberapa warga sedang berlarian karena angin yang begitu kencang dan seperti hujan mau turun,” tutur Israel.

“Tidak jauh dari lokasi, saya mendengar suara bunyi sambil angin kencang, ternyata lima lumbung yang ada di lokasi tersebut langsung porak poranda dan rusak parah, dan ada yang hancur akibat angin,” kisahnya.

“Saat mendung datang, tiba-tiba angin puting beliung datang langsung merobohkan Alang,” ungkap Israel yang biasa disapa Pong Reli.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp 500 juta.

Setelah kejadian, langsung dilaporkan pemerintah setempat ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Toraja Utara dan menghubungi Babinsa serta Babinkamtibmas setempat. (int/idr)

  • Bagikan