72

Pemprov Sulsel Anggarkan Rp119 Miliar Bayar THR ASN

  • Bagikan
Ilustrasi

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID MAKASSAR -- Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun ini menyiapkan anggaran sekitar Rp 119 miliar untuk pembayaran tunjangan hari raya (THR) untuk para aparatur sipil negara (ASN). Namun untuk pencairannya masih menunggu aturan pemerintah pusat.

“Sudah disiapkan. Kurang lebih Rp 119 miliar,” ungkap Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel Suryaningsih, Sabtu (16/4/2022).

Anggaran THR ini disebutnya sudah disiapkan karena termasuk belanja rutin tahunan. Sudah dianggarkan di APBD 2022. Hitung-hitungan satu kali gaji.

“Rata-rata gaji per bulan Rp 119 miliar. Besaran anggaran THR juga tidak jauh dari nilai tersebut. Kurang lebih Rp 119 miliar jika acuannya besaran satu kali gaji,” terangnya.

Kendati demikian untuk besaran THR dan pencairannya masih menunggu regulasi dari pemerintah pusat. Ada petunjuk teknis (juknis) yang jadi acuan pembayaran THR.

“Kita tunggu juknis, instruksinya seperti apa sebelum dibayarkan. Yang pasti sebelum Lebaran kita cairkan,” jelasnya.

Kepala Bidang Perencanaan Anggaran Daerah BKAD Sulsel Salehuddin menambahkan anggaran gaji dan tunjangan ASN untuk 24 ribu ASN di lingkup Pemprov Sulsel sudah terakomodir di APBD 2022. Sepanjang tahun ini anggaran yang disiapkan Rp 1,7 triliun.

“Memang cukup besar anggaran untuk ASN. Khusus untuk THR, dasar pembayarannya itu satu kali gaji per bulan. Bisa pakai acuan gaji Maret atau April,” tukasnya.(int)

  • Bagikan