Kartini di Mata Dewi Sartika Pasande (DSP), Inspirasi untuk Perempuan Masa Kini

  • Bagikan

PALOPO -- Setiap tahunnya diperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April. Untuk tahun ini, Hari Kartini bertepatan dengan 20 Ramadan 1443H/2022.
Semangat dan perjuangan Raden Adjeng (RA) Kartini dibawanya dalam kehidupan sehari-hari.
Ia menempatkan sosok RA Kartini sebagai inspirasi kaum hawa masa kini. Tak terkecuali Direktur Jas Mulia Ir Dewi Sartika Pasande, M.Sc yang akrab disapa DSP.
Dia (DSP) bergelut di industri yang identik dengan dominasi kaum lelaki.
Tajuk emansipasi dan kesetaraan kaum perempuan tak hanya menjadi kata-kata yang ramai dibicarakan setiap tanggal 21 April saja.
Melainkan menyatu dalam aktivitas sehari-hari.
Ketika ditanya soal momentum Hari Kartini, DSP menjawab bahwa Kartini adalah inspirasi. Bagi DSP, sosok Kartini merupakan sosok seorang perempuan kuat. Kartini berhasil membuktikan bahwa wanita memiliki kesamaan dengan pria.
"Ibu Kartini bagi saya adalah seorang wanita yang sangat menginspirasi. Lewat kegigihan Ibu Kartini kita bisa belajar bahwa tidak ada hal yang tidak bisa kita lakukan bila kita mau,” kata DSP di sela-sela kegiatan puncak HUT PMTI di Rantepao, Kamis 21 April, kemarin.
Sosok Ir Dewi Sartika Pasande atau yang akrab disapa DSP, sangat terkenal dengan keuletannya dalam bekerja. Tak hanya usaha pengolahan minyak sawit, tetapi DSP juga kini membangun usaha produksi beras kapasitas besar 12 ribu ton di Desa Toddopuli, Kec. Bua, Kab. Luwu.
Dalam pelbagai momen di media sosial, DSP bahkan turut membagi-bagikan kata-kata inspiratif. Seperti "Kekuatan budaya kita selalu berasal dari keragaman pemahaman dan pengalaman kita dalam mengolah kekayaan keindahan dan keunikan indonesia". Terus ada lagi, "Latih pikiranmu untuk melihat hal-hal baik dalam setiap situasi. Perbanyak talentamu dengan latihan hal-hal positif setiap hari."
"Kritikan itu pahit, tetapi mendidik jiwa jika diterima dengan baik. Pujian itu manis, tetapi merusak hati jika diterima dengan angkuh. Kita tidak bisa mengubah hati orang lain untuk berbaik sangka kepada kita. Namun, kita bisa melatih hati kita untuk berbaik sangka kepada orang lain".
Di bidang sosial apalagi, sosok DSP sangat rajin untuk membantu sesama. Contohnya, dapat dilihat saat bencana alam banjir bandang Luwu Utara. DSP yang juga Ketua Ukum AKAR Bersatu terjun langsung menyalurkan banyak bantuan.
Sosok DSP yang juga aktif di PMTI sebagai Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri, secara aktif membantu nasib warga Tana Luwu dan Toraja, khususnya pelaut yang mengalami kesusahaan di negeri orang. Seperti yang dilakukan baru-baru ini, dengan membantu sejumlah pelaut asal Toraja yang terkatung-katung nasibnya di Filipina, tanpa gaji dari perusahaan tempat mereka bekerja.(idr)

  • Bagikan