906 Personel Siaga, Amankan Lebaran di Tana Luwu dan Toraja

  • Bagikan

* Ops Ketupat Dimulai hingga 9 Mei 2022

PALOPO -- Lebaran Idulfitri tinggal sepekan lagi. Untuk mengantisipasi meningkatnya tindak kriminal dan menjaga kamtibmas selama akhir Ramadan ini, kepolisian menggelar Operasi Ketupat. Sebanyak 906 personel disigakan di 16 posko di Tana Luwu dan Toraja dari 6 polres.

Dimulai dari Kepolisian Resort (Polres) Palopo memastikan tidak akan melakukan penyekatan arus mudik Lebaran selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2022. Meski demikian 4 posko gabungan petugas Polres Palopo, TNI, Dishub, Satpol PP dan Tim Satgas Covid-19, tetap akan melakukan penindakan pelanggaran berlalulintas dan disiplin protokol kesehatan di area umum.

Kapolres Palopo, AKBP Muhammad Yusuf Usman mengatakan, penyekatan yang dimaksud adalah melakukan sweping di jalan, termasuk penyekatan vaksin. Namun demikian, di 4 posko Operasi Ketupat dipastikan tetap disiagakan tenaga vaksinator.
Ia merinci total personel yang dikerahkan dalam Operasi Ketupat 2022 adalah 148 orang. Terdiri dari Kodim 1403 Palopo, Dishub, Satpol PP, Damkar, Dinas Kesehatan dan Senkom.

"Ada dua pos pengamanan yang beralokasikan di Kecamatan Telluwanua dan Wara Selatan tepatnya depan Islamic Center, sementara dua pos pelayanan beralokasikan di depan Hypermart dan depan Lagota Kota Palopo," sebutnya.

Luwu
Operasi Ketupat juga dilakukan Polres Luwu. Secara simbolis, Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, H Sulaiman yang hadir sebagai pembina upacara menyematkan pita Operasi Ketupat 2022 ke beberapa perwakilan apel.

Disebutkan Sekda, Operasi Ketupat juga bertugas mengawasi terpenuhinya persyaratan perjalanan mudik pada berbagai moda transportasi, melakukan testing dan tracing, random chek swab antigen, melakukan manajemen rekayasa lalu lintas.

Di tempat yang sama, Kasat Lantas Polres Luwu, AKP Muh Ali menerangkan, pada operasi kali ini, Polres Luwu mendirikan 3 posko pada lokasi berbeda. Dua posko pelayanan didirikan di Kecamatan Ponrang dan Kecamatan Walenrang, sedangkan satu posko pengamanan didirikan di jantung Kota Belopa.

Untuk diketahui, sebanyak 172 personel dikerahkan. Yakni, 64 personel Polres Luwu, 18 anggota TNI, 18 tenaga kesehatan, 18 anggota BPBD, 18 personel Damkar, 18 anggota Satpol PP, dan 18 Senkom diterjunkan untuk menyukseskan Operasi Ketupat 2022.

Lutra
Sebanyak 153 personel gabungan yang terdiri Polri 89, TNI 12, Perhubungan 12, Kesehatan 16, Senkom 12, Damkar 1 Regu akan dikerahkan dalam rangka mengamankan Lebaran Idul Fitri 1443 H.
Selain itu, Polres Luwu Utara menyiapkan 3 Pos Pengamanan dan Pelayanan yang tersebar di 3 kecamatan, yaitu, Pos Pengamanan di Salassa, Kecamatan Baebunta, di Bonebone, dan di Kota Masamba.

Kapolres Luwu Utara, AKBP Alfian Nurnas dalam amanahnya saat memimpin apel gelar pasukan mengatakan, tahun ini pemerintah telah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga.

"Tidak seperti tahun kemarin, masyarakat diimbau untuk tidak mudik. Namun, tahun ini kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur jalur lintasan masyarakat," ungkap Kapolres.

Lutim
Bupati Luwu Timur, H. Budiman, bertindak sebagai Inspektur Upacara (irup) pada Apel Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2022 yang digelar Polres Luwu Timur Jelang Mudik Lebaran dalam rangka cipkon Kamseltibcarlantas di wilayah Kabupaten Luwu Timur yang bertempat di Lapangan Polres Lutim Jumat (22/04/2022).

Selain Bupati, turut hadir Ketua DPRD Luwu Timur, Aripin, Kapolres Luwu Timur, AKBP Silvester MM. Simamora, Kajari Lutim, Muh. Zubair, Ketua Pengadilan Negeri, Hika Deriyansi Asril Putra, serta para pasukan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Dishub, Satpol PP dan Senkom Mitra Polri.

Pelaksanaan Operasi Ketupat Tahun 2022 ini akan berlangsung selama 12 hari, yang akan dimulai pada tanggal 28 April sampai 9 Mei 2022 secara serentak di seluruh Indonesia, khusus personel Polres Luwu Timur akan dikerahkan sebanyak 83 personel yang sudah diploting di Pos PAM masing-masing.

Tator
Apel Operasi Ketupat 2022 dilakukan halaman Mapolres Tana Toraja, Kecamatan Makale, Jumat (22/4).
Ops Ketupat 2022 digelar kepolisian dalam rangka menjamin masyarakat tetap aman dan sehat, jauh dari virus Covid-19 dan selamat dalam perjalanan mudik , 1443 Hijriah.

Kapolres Tana Toraja, AKBP Juara Silalahi, SIK, MH mendampingi Wabup Zadrak Tombeg melakukan pemeriksaan kepada pasukan.
“Selama 12 hari lamanya, personel gabungan akan melaksanakan tugas yaitu memastikan masyarakat tetap aman dan sehat dalam melakukan perjalanan mudik,” ujar Juara.

Juara Silalahi menjelaskan di wilayah Tana Toraja disiapkan 250 personel di pos pengamanan 1 Pos Pengamanan di Makale, dan 2 Pos Pelayanan Obyek Wisata Buntu Burake, dan Pos Pelayanan Salubarani.
Pada amanat seragam Kapolri dijelaskan AKBP Juara Silalahi ada delapan poin penekanan sejumlah hal perlu diperhatikan oleh para personel pelaksana operasi guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Ops Ketupat 2022.

Torut
Kepolisian Resort (Polres) Toraja Utara juga melaksanakan Operasi Ketupat 2022 jelang Hari Raya Idul Fitri.
Ops Ketupat akan fokus pada pengamanan di masjid-masjid, objek wisata, jalur mudik dan pusat perbelanjaan di kabupaten Toraja Utara.

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, ST didaulat sebagai pimpinan apel didampingi Kapolres AKBP Eko Suroso S.IK mengecek kesiapan para personel gabungan sebelum turun ke lokasi. Ops ini melibatkan 100 personel di 3 posko yang didirikan.

Lanjut Dedi, walau situasi pandemi Covid-19 saat ini masih terkendali, namun tetap mengimbau masyarakat agar mematuhi aturan protokol kesehatan yang sudah ditentukan pemerintah, dan adanya kemungkinan transmisi agar bisa dikendalikan.

“Ada tiga jenis pos yaitu pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu yang memiliki fungsi informasi, juga sarana tempat istirahat, dan bagi para pengemudi tentu juga ada gerai vaksin bagi mereka,” pungkasnya. (cr1/idr)

Jumlah Personel Ops Ketupat Polres se-Tana Luwu dan Toraja

  • Polres Luwu : 172 Personel (3 Posko)
  • Polres Palopo : 148 Personel (4 Posko)
  • Polres Lutra : 153 Personel (3 Posko)
  • Polres Lutim : 83 Personel (3 Posko)
  • Polres Torut : 100 Personel (3 Posko)
  • Polres Tator : 250 Personel (3 Posko)

Waktu Ops Ketupat 2022 : 28 April sampai 9 Mei 2022

  • Bagikan