Peresmian Rumah Tongkonan di Manokwari Papua Barat, Ketum BPS GT: Bersyukur pada Tuhan dan Berterima Kasih kepada Masyarakat Papua

  • Bagikan
etum BPS Gereja Toraja ,Pdt.DR. Alfred Anggui,M.Th

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO- Ketua Umum BPS Gereja Toraja ,Pdt. DR. Alfred Anggui mengapresiasi kepada  warga Masyarakat Toraja yang berada di Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat, yang tak lama lagi ,akan meresmikan  rumah adat Toraja (Tongkonan) yang rencananya dijadwalkan akan berlangsung selama tiga (3) hari berturut-turut.

Berbagai persiapan telah dilakukan dalan peresmian tersebut ,dalam bahasa Toraja disebutkan, ma' bala pampang dan ma' tarampak, digunakan pada acara rambu tuka'. Ma'bala pampang yang berarti berjalan bersama dengan satu tujuan, sementara ma' tarampak dilaksanakan pada acara merok banua,dalam upacara adat untuk syukuran rumah Tongkonan sehari sebelum hari H.

Mangrara Banua merupakan upacara ucapan syukur sekaligus peresmian rumah adat Toraja yakni Tongkonan, sebelum di tempati tinggal oleh keluarga besar. Dan acara ini masih dilaksanakan dan terpelihara hingga saat ini.

Ketua BPS Gereja Toraja Pdt. DR. Alfred Anggui,M.Th terkait peresmian Rumah Tongkonan yang berada di Manokwari katakan Kita patut bersyukur pada Tuhan dan berterima kasih kepada masyarakat Papua, khususnya yang ada di kota Manokwari, yang dengan hati yang lapang bisa memberi ruang bagi masyarakat Toraja hadir di sana.

"Kiranya persekutuan masyarakat Toraja ini terus terpelihara dengan baik, agar betul bisa jadi berkat bagi kehidupan masyarakat dan tanah Papua secara lebih luas. Sinergitas dengan segenap masyarakat Papua, khususnya dengan gereja-gereja yang ada di Papua, diharapkan dapat terus terjalin dengan baik.

Ucapan syukur rumah adat dalam bahasa Toraja disebut Mangrara Banua,ini merupakan upacara ucapan syukur sekaligus peresmian rumah adat Toraja yakni Rumah Tongkonan , dimana sebelum di tempati tinggal oleh keluarga besar rumpun keluarga. Dan acara ini masih dilaksanakan, dan terpelihara hingga saat ini.

Berikut jadwal acara ritual adat nantinya,dihari pertama, pada tanggal 4 Mei 2022 akan dilakukan acara adat Makbala Pampang, kemudian pada hari kedua 5 Mei 2022 dilakukan Maktarampak, dan pada tanggal 6 Mei 2022 akan dilakukan puncak peresmian rumah tongkonan.

Selain itu, ibadah akan dipimpin oleh Gereja Katolik keuskupan Makassar pada tanggal 5 Mei 2022, GKI Sinode akan memimpin ibadah pada tanggal 5 Mei dan puncak acara peresmian akan dipimpin oleh Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja.

Acara peresmian dijadwalkan akan dihadiri oleh sejumlah pejabat Orang Toraja yakni Bupati Tana Toraja, Bupati Toraja Utara, Ketua PMTI Pusat Jakarta termasuk Gubernur Papua Barat dan Bupati Manokwari .(albert)

  • Bagikan