Sosok IAS di Mata Publik Tana Luwu dan Toraja Bisa Pegang Amanah dan Pengayom Semua Golongan

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Anggota DPRD Sulsel, A Fadriaty mengajak warga Sulsel menemani Ilham Arief Sirajuddin menatap Pilgub Sulsel 2024 mendatang. Ini disampaikan legislator yang akran disapa Enceng ini di sela-sela Buka Puasa Bersama di Suli, Belopa, Ahad (24/4).

“Saya secara pribadi berani melontarkan ajakan ini bukan tanpa sebab. Yang saya tahu, IAS sosok yang bisa memegang amanah dan pandai berterima kasih. Jadi kalau bisa kita dudukkan sebagai gubernur, beliau akan pandai mengabdi,” terang Enceng di hadapan sederet tokoh masyarakat yang hadir.

Enceng saksi mata saat IAS menjabat sebagai wali kota Makassar. “Bisa ditanyakan ke warga Makassar, bagaimana IAS begitu sukses tampil menjadi sosok yang bisa mengayomi semua kelompok. Bisa berbuat adil untuk semua,” sambungnya.

Tapi Enceng buru-buru menegaskan bahwa ajakannya ini bukan kampanye. “Belum masuk masa kampanye toh. Saya hanya mencoba menyuarakan sikap saya, sesuai hati nurani saya,” terangnya.
Buka puasa bersama itu bertajuk “IAS Menyapa Tokoh Luwu”.

Merespons ajakan Enceng, IAS menegaskan langkahnya mengelilingi 8 kabupaten kita di Sulsel memang berniat utama untuk menyampaikan niatnya maju di Pilgub 2024 mendatang.

“Penting untuk datang menyampaikan langsung niat ini. Sekaligus menyapa kembali saudara-saudara saya sudah lama tidak bersua,” terang IAS.

Turut hadir di buka puasa bersama itu, ratusan warga yang berbaur dengan sejumlah tokoh agama, masyarakat, dan tokoh pemuda. Turut hadir, Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak bersama istri.
Roadshow IAS akan dilanjutkan ke Sidrap, Pinrang dan Soppeng.

Tokoh Toraja

Di Rantepao, Sabtu 23 April 2022, pekan lalu, IAS memulai safari Ramadannya di atas. Kehadiran IAS mendapat respons sejumlah tokoh masyarakat Toraja.

"Kita sebagai warga Toraja tentu sangat bersyukur IAS menyempatkan hadir di Toraja," ujar tokoh masyarakat Toraja, yang juga politisi Demokrat Tator, Kristian HP Lambe di sela-sela resepsi HUT PMTI ke-18 tersebut.

Anggota DPRD Tana Toraja ini melanjutkan, kehadiran IAS membuktikan beliau sebagai tokoh Sulsel bukan hanya menghargai masyarakat Toraja, tapi berani selalu ada bersama masyarakat Toraja dalam susah dan senang. Bukan saat mau pilkada saja.

Sebagai warga Toraja, Cris mendoakan IAS bisa sukses dengan apa yang dicita-citakannya ke depan, termasuk soal sikapnya yang akan bertarung di pilgub 2024 mendatang. "Sukseski' dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab ke depan Pak IAS. Kurru sumanga'".

Tokoh masyarakat Makassar berdarah Toraja, Mario David mengamini tingginya perhatian IAS ke masyarakat Toraja, apalagi pada mereka yang berdomisili di Makassar.

"Sangat mesra. Dan sudah terbukti dalam berbagai keadaan, IAS saat menjabat wali kota di Makassar bisa melindungi semua kelompok. Tidak membeda-bedakan kelompok mayoritas atau minoritas," tegas anggota DPRD Makassar tersebut.

Ketua Umum PMTI, Mayjend TNI (Purn) Yulius Silvanus Lumba, menjadi tokoh utama HUT tersebut. Menebar ucapan terima kasih kepada hadirin, lalu menegaskan siap mengantar PMTI menjadi wadah pemersatu masyarakat Toraja di manapun berada.

Acara hiburan didominasi pertunjukan tari dan paduan suara. Cukup menghibur deretan tokoh Toraja yang ambil bagian dalam kesempatan itu, di bawah tenda berjejer di Tongkonan Sangulele.

Deretan tokoh yang hadir di antaranya anggota DPD RI, Lily Amelia Salurapa, Mathius Salempang, bupati dan wakil bupati Mamasa, sejumlah legislator DPRD Sulsel dan kabupaten kota.

Dukungan juga datang dari seorang pengusaha sukses Toraja-Tana Luwu, Dewi Sartika Pasande. Itu nampak terlihat ketika keduanya sangat kompak bersalam komando di sela-sela acara HUT PMTI.
Mereka tampak akrab. Baik DSP -sapaan akrab Dewi Sartika Pasande dan Ilham Arief Sirajuddin yang akrab disapa ACO memang sudah saling kenal.

Foto salam komando ini langsung viral dan banyak disambut berbagai kalangan. Maklum, kedua tokoh ini punya basis massa yang riil.
DSP mengenakan busana merah-merah dan ACO mengenakan baju putih dan passapu. Momen ini kemudian diabadikan oleh kameramen yang hadir.

Diberitakan sebelumnya, IAS memanfaatkan 10 hari Ramadan terakhir ini, road show ke sejumlah daerah di Tana Luwu, Toraja, Sidrap, dan Pinrang, sejak Sabtu 23 April sampai Selasa besok 27 April.

Di Toraja, Sabtu 23 April, pekan lalu, IAS menghadiri puncak HUT ke-18 PMTI. Di sana ia disambut hangat masyarakat Toraja. Lalu, Ahad 24 April, mantan Wali Kota Makassar dua periode ini, berada di Kota Palopo, dan menyempatkan bersilaturahim ke kantor Harian Palopo Pos dan sejumlah kediaman tokoh Palopo.

Sebelum ke kantor Harian Palopo Pos, IAS bersama rombongan menyempatkan Salat Zuhur berjemaah di Masjid Al Khaeriyah, Jl. We Cudai.

Kedatangannya di kantor Palopo Pos disambut Direktur Harian Palopo Pos, Amran Suyuti, Direktur media daring PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, Husain Rasyid, Wadir Ikhwan Ibrahim, Wadir Aryanto Tanding, dan Kepala Redaksi Idris Prasetiawan.

"Saya mencoba memanfaatkan segala kesempatan yang ada. Sekaligus bersilaturahmi di bulan Ramadan" kata IAS mengawali pembicaraan.

Dalam silaturahim yang berlangsung sekira 30 menit itu, saat ditanyakan tentang kepastiannya untuk maju kembali maju di Pilgub Sulsel, dijawab dengan tegas. "Bismillah Saya akan Maju," kata IAS di lantai dua kantor Harian Palopo Pos.

Di kantor Palopo Pos, IAS mengatakan, kesiapannya untuk maju Pilgub 2024, sudah matang sekali. Kajian politik tentang peta perpolitikan di Sulsel saat ini sampai 2024, sudah ia hafal. Baik dari calon ini, calon ini yang juga akan maju nantinya.

Bahkan, ia menargetkan untuk menjadikan Partai Demokrat sebagai pemenang Pemilu 2024 di Sulsel.(idr)

  • Bagikan