Transaksi Teller Ditutup, BNI Palopo Alihkan semua Layanan ke Mesin ATM, CRM dan Mobile Banking

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO--Layanan Real Time Gross Settlement (RTGS) dan Kliring bakal ditutup di perbankan selama sepekan lebih di kegiatan cuti bersama hari raya. Layanan tersebut mulai ditutup, Kamis 28 April 2022 berdasarkan arahan Bank Indonesia.

Pemimpin Bidang Layanan BNI Palopo, Serni mengungkapkan bahwa layanan RTGS dan kliring tentu harus sejalan dengan Bank Indonesia. "Jadi untuk RTGS itu terakhir Hari Kamis, 28 April,"kata Serni, Wakil Pemimpin Bidang Layanan BNI Cabang Palopo saat dikonfirmasi, Rabu 27 April 2022. Tidak hanya layanan RTGS saja namun layanan di teller untuk semua transaksi bakal ditutup penuh. "Jadi selama cuti bersama tidak ada aktifitas di teller,"katanya

Namun kata Serni, transaksi antar bank dengan layanan RTGS ini berpindah ke layanan digital. "Jadi yang selama ini di teller itu bisa memanfaatkan layanan digital kita yaitu fasilitas BNIDirect yang memang diperuntukkan untuk perusahaan dengan nominal transaksi yang besar,"katanya. Misalnya ampra BBM Pertamina itu diarahkan melalui fasilitas itu, dimana transaksinya itu sampai miliyaran, apalagi layanannya sampai 24 jam.

Untuk layanan nasabah lainnya, misalnya penarikan tunai bisa dilakukan di 99 mesin ATM mereka di Luwu Raya dan Tana Toraja, sementara untuk setoran nasabah bisa menggunakan mesin CRM kita selain itu transaksi lainnya bisa menggunakan internet banking, mobil banking dan SMS banking, "jadi selama liburan transaksi yang biasanya di kasur bergeser ke aplikasi yang dilakukan secara mandiri oleh nasabah. Demikian halnya di bank lainnya sebagaimana diberitakan sebelumnya, yakni Bank Sulselbar dan BRI Cabang Palopo terkait kliring.

Misalnya di Bank Sulselbar kata Pimpinan Cabang Utama Palopo, Supriyanto, SE, MMBA, CSA, CFP kliring ditutup tanggal 29 dan kembali beroperasi pada 9 Mei 2022, untuk layanan mereka selama libur sepekan agar masyarakat bisa tetap bertransaksi akan mengoperasikan 20 terminal ATM dalam wilayah kota palopo. "Kita akan optimalkan ATM secara full capacity, kami juga tetap menyediakan layanan operasional terbatas terutama terkait penerimaan SAMSAT pada tanggal selama cuti bersama termasuk weekend tanggal 30 dan tanggal 6 sampai dengan 8 Mei 2022,"ucap Ketua Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) tersebut.

Demikian juga di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Palopo. Diungkapkan Kepala BRI Cabang Pembantu, Dimas saat dikonfirmasi via telefon kemarin mengatakan untuk BRI saat ini terkait operational bank mereka masih menunggu keputusan dari Kanwil. Namun disampaikan jika transaksi di teller ditiadakan maka nasabah mereka dianjurkan untuk menggunakan transaksi di BRILink baik setoran maupun penarikan, begitu juga di mesin ATM bisa dilakukan penarikan tunai dan setoran tunai di mesin CDM.

Terkait layanan perbankan ini, Bank Indonesia telah merilis jadwal kegiatan operasional menyambut libur Lebaran tahun 2022 (1443 Hijriah). Pihaknya telah melakukan penyesuaian kegiatan operasional serta pelayanan semasa masa libur dan cuti bersama. Dalam menetapkan jadwal operasional layanan semasa libur Lebaran tahun ini, Bank Indonesia juga mempertimbangkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Terdapat beberapa kegiatan operasional serta layanan perbankan yang jadwalnya akan disesuaikan oleh Bank Indonesia yakni Sistem BI-RTGS, BI-SSSS, BI-ETP, Sistem kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), Bank Indonesia Fast Payment (BI-FAST), Layanan Kas, Transaksi Operasi Moneter Rupiah dan Valas dan Operasional Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) dan Indonesia Overnight Index Averages (IndONIA).(ald)

  • Bagikan