Mudik, Setop Kontak dan Gas Dicopot

  • Bagikan

Waspada Kebakaran Saat Rumah Kosong

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palopo meminta masyarakat untuk lebih waspada, terutama saat meninggalkan rumah untuk mudik lebaran.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palopo, Andi Musakkir mengingatkan kepada masyarakat Kota Palopo untuk kembali mengecek seluruh isi rumah sebelum meninggalkannya mudik Lebaran.
“Terutama kompor gas, dan instalasi listrik. Sebelum ditinggalkan harus dipastikan dalam kondisi aman, dan untuk kompor gas bisa dicabut terlebih dahulu,” ucapnya kepada Palopo Pos, Rabu 27 April 2022.

Sejumlah potensi penyebab kebakaran yang perlu diwaspadai bersama antara lain listrik, lampu minyak tanah, kompor, lilin, puntung rokok, obat nyamuk bakar, bahan kimia, perangkat elektronik, pembakaran sampah, mesin genset, beban stop kontak listrik.

Selain itu, dia juga meminta kepada masyarakat ketika rumah ditinggalkan mudik agar menitipkan kepada tetangga ataupun pihak RT dan RW. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika rumah ditinggalkan.

Ia mengungkapkan, pihaknya tak henti-hentinya mengimbau kepada warga agar menginformasikan secepatnya kepada kami jika terjadi kebakaran, agar kami dapat lebih segera menyelamatkan atau melakukan pemadaman hingga kerugian yang diderita korban tak terlalu besar.

''Kami telah memasang baliho di sejumlah tempat, membagikan dan menempelkan stiker di rumah-rumah warga, serta mensosialisasikan melalui media cetak dengan mencantumkan nomor telepon Damkar yang bisa dihubungi yakni 0471-22501 dan 0471-3310507,'' sebutnya.

Patroli Intens
Sementara itu, Kapolres Palopo, AKBP Muhammad Yusuf Usman di sela-sela pembagian bantuan subsidi migor kepada pedagang gorengan di Mapolres mengatakan, mendekati lebaran hingga selesai lebaran, ia memerintahkan anggotanya untuk intens melakukan patroli ke wilayah masing-masing polsek, utamanya mengecek rumah yang kosong ditinggal mudik.

"Ini kami lagi mendata rumah warga yang ditinggal mudik. Nantinya anggota kami perintahkan aktif setiap saat patroli," kata Kapolres Palopo kepada awak media.

Selain itu, di hari kedua lebaran nanti, Kapolres juga akan menempatkan anggotanya dipusat perbelanjaan, objek wisata yang selalu ramai dikunjungi setelah lebaran, untuk mengantisipasi tindak kejahatan di sana.(rhm/idr)

  • Bagikan