HB Janji dan Tahu Caranya Atasi Banjir Dalam Kota

  • Bagikan
H. Haidir Basir, Ketua PPP Kota Palopo

Bulat Nyatakan Maju Pilwalkot 2024

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO --- Pilwalkot Palopo masih dua tahun lagi. Dijadwalkan bulan November 2024. Namun, "perang" program mulai digaungkan oleh para bakal calon wali kota Palopo. Mereka kalau diberi amanah nantinya siap merealisasikan program priortasnya tersebut. Salah satunya adalah Hadir Basir (HB). HB janji atasi banjir dalam kota.

Khusus banjir yang selalu menggenangi daerah Belimbing dan sekitarnya. Karena kalau hujan turun, warga di daerah yang kerap disebut "Amsterdam" (Amassangan Terendam) akan merasakan dampaknya. Rumah warga pasti terendam air kiriman dari sungai. Juga dari dalam drainase. Begitu juga warga di daerah Salubattang. Dan daerah pinggiran sepanjang bantaran sungai Battang yang melintasi jembatan miring.

Hal ini akan jadi perhatian serius dari Hadir Basir. Bagaimana mengatasinya supaya warga di daerah ini merasa tenang. Dan tidak merasakan lagi air kiriman. "Saya akan benahi. Ada dua sungai jadi perhatian saya," tandas Hadir Basir, bakal calon wali kota Palopo, Rabu 11 Mei 2022, kemarin.

HB ditemui saat menghadiri acara pernikahan putri dari Baso Akhmad, SH. Berlangsung di Merdeka Convention Hall (MCH). Ia tampak mengenakan stelan baju batik didampingi beberapa pengurus PPP. Ia memang ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Palopo.

Hadir Basir bukan orang baru di dunia politik. Apalagi perpolitikan di Kota Palopo. Sebelumnya, HB sudah pernah menjadi calon wali kota Palopo 10 tahun lalu. Saat periode pertamanya HM Judas Amir yang berpasangan dengan Akhmad Syarifuddin alias Ome.

Ia kala itu populer dengan jargon politik "Mata Hati Sang Pengabdi". Nah, di pilwalkot Palopo 2024, HB kembali dengan nuansa lainnya. Kini ia memimpin sebuah organisasi politik yang sudah populer di Indonesia. Namanya Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
"Insya Allah. Banjir jadi prioritas kami," kata HB lagi sambil tersenyum lebar.

Memang, lanjut HB, banjir masih problem pemerintahan sampai sekarang. Sejak dari periode pemerintahan alm Tenriadjeng sampai sekarang. Genangan air akibat buruknya drainase menjadi problem tersendiri. Belum lagi tebing sungai yang masuk wilayah Kota Palopo belum bisa diatasi sampai sekarang. "Kalau ada kemauan bersama, semua ini pasti bisa. Nah, saya insya Allah akan jadi prioritas," tegas ketua PPP Kota Palopo.

Sebenarnya, tambah HB, masalah banjir tidak perlu menjadi prioritas ke depan seandainya penanganan banjir secara sustainable dilaksanakan penanganannya. Langkah taktis yang dilakukan di awal Pemerintahan Kota Palopo Alm Tenriadjeng yakni penanganan kawasan hulu terintegrasi dengan kawasan pesisir atau hilir.

Dimana jaringan drainase berfungsi sebagai hantaran arus hulu ke hilir melalui pusat kota. Sungai Amassangan dan Sungai Boting. Kemudian sungai Salubattang menjadi faktor penting bagi penanganan ekosistem lingkungan. ''Ketiganya mestinya telah dinormalisasi,'' ucap Haidir Basir, yang dikenal salah seorang pejabat aktif di pemerintahan Alm HPA Tenriadjeng.

Ia pernah menduduki jabatan sebagai asisten II, kepala Dinas Pariwisata, kepala BKD, dan sejumlah jabatan penting lainnya. Kemudian berbagai program prestisius kala itu banyak dari ide HB.
Untuk diketahui, nama HB sebelum memimpin PPP sudah kencang Mewacana maju di pilwalkot. PPP sekarang sudah dipimpin, ia tentu makin semangat untuk terjun ke perhelatan lima tahunan tersebut.

Tinggal nanti bagaimana mesin PPP bergerak untuk bisa menembus kursi di parlemen pada pileg nanti. Kalau PPP mampu menembus lima kursi dari tiap dapil, dapat dipastikan HB sudah dapat tiket tanpa melakukan koalisi dengan partai lainnya. Namun demikian, HB tetap akan membuka koalisi dengan partai lain dalam memenangkan pertarungan di pilwalkot. (ary)

  • Bagikan