Pegadaian Area Palopo Bakal Salurkan KUR, Sujarwono: Untuk Membiayai UMKM dengan Suku Bunga Hanya 6 Persen

  • Bagikan

Deputi Bisnis Pegadaian Kantor Area Palopo, Sudjarwono

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Pegadaian Area Palopo juga akan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) seiring dengan resminya sudah PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan PT Pegadaian menjadi anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) pada pertengahan tahun lalu.

Hal itu disampaikan Deputi Bisnis Pegadaian Kantor Area Palopo, Sudjarwono saat diwawancara Palopo Pos, Kamis 12 Mei, kemarin. "Pegadaian akan salurkan KUR juga," singkatnya kepada PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID.

Diungkapkan, itu setelah PT Pegadaian telah bergabung dengan BRI. "Artinya ini akan semakin memudahkan layanan pegadaian, dimana pembayaran nasabah juga sudah bisa dilakukan di agen agen seperti BRILink," kata Pak Jarwo sapaan akrab Deputi pegadaian Palopo tersebut.

Kapan penyaluran tersebut dilakukan, Jarwo mengungkapkan diperkirakan pertengahan tahun ini, pihaknya di area Palopo baru akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Diketahui KUR menjadi salah satu program pemerintah untuk membiayai usaha mikro kecil dan menengah dengan suku bunga yang rendah sebesar 6 persen, yang selama ini disalurkan melalui perbankan, diantaranya BRI, BNI, Bank Mandiri, BPD, BTN, BNI Syariah, dan sejumlah bank lainnya.

Masuknya Pegadaian ini dinilai akan semakin memperkuat penyaluran KUR tersebut untuk UMKM. Dimana nasabah Pegadaian juga sebagian besar adalah pelaku UMKM.

KUR yang bakal disalurkan ini sama seperti pihak perbankan karena sumbernya, sesuai kelas /segmen plafond pinjaman. Berdasarkan data yang dihimpun Palopo Pos, Target penyaluran KUR diberikan sebanyak Rp 5,7 triliun untuk tahun 2022 secara nasional.

Namun untuk Pegadaian Palopo sendiri belum diketahui berapa kuota penyalurannya.

Terkait hal itu, Ketua Umum terpilih HIPMI Palopo, Imbara Firman saat diminta tanggapannya bahwa saat ini pelaku ekonomi kecil dan menengah sedah bertumbuh dan itu banyak dilakoni oleh usia usia produktif.

Terkait dengan penyaluran KUR yang akan disalurkan Pegadaian, Imbara mengatakan tentu sangat baik, artinya itu akan semakin memperkuat penyaluran KUR kepada pelaku pelaku usaha, lantaran banyak pilihan lembaga keuangan.

"Ini yang kita harapkan, akan memperkuat permodalan UMKM utamanya pengusaha pemula yang banyak bertumbuh di Kota Palopo saat ini, kalau bisa juga bagaimana memberikan kemudahan kepada para pelaku UMKM ini," tandasnya.(aldy)

  • Bagikan