Kapolres Palopo Tiba-tiba Masuk Sel Tahanan, Ada Apa Ya…?

  • Bagikan
Kapolres Palopo, AKBP, Muh. Yusuf Usman memimpin penggeledahan barang tahanan di sel tahanan, Selasa, 17 Mei 2022. --ft: istimewa

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BOTING-- Unit Provost dan penjaga piket tahanan melakukan pengecekan ruang tahanan (Rutan) Polres Palopo guna memastikan situasi aman di dalam Hotel Prodeo tersebut. Penyisiran berlangsung Selasa 17 Mei 2022 dipimpin oleh Kapolres Palopo, AKBP, Muh. Yusuf Usman SH., SIK., MT

Dalam giat ini, pengecekan juga meliputi jumlah tahanan, kesehatan tahanan serta barang di dalam ruang tahanan. "Setiap sudut ruangan kita cek, untuk memastikan tidak ada benda berbahaya dalam ruang tahanan. Selain itu, kepada tahanan kami imbau agar selalu menjaga kebersihan agar terhindar dari penularan penyakit," kata Kapolres Palopo.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga menghimbau kepada piket jaga tahanan agar selalu memeriksa keadaan tahanan setiap waktu, jika ada yang sakit agar secepatanya diberikan pelayanan kesehatan.

"Jadi pengecekan ruang tahanan ini adalah bagian dari Protap yang harus dilakukan kapan saja. Hal ini, ya itu tadi, guna mengetahui situasi rutan dan kondisi para tahanan. Benda yang tidak seharusnya ada dalam rutan juga harus disingkirkan," tuturnya.

Masih kata Kapolres, diharapkan para tahanan untuk berperilaku baik selama menjalani masa tahanan, selalu menjaga kebugaran tubuh karena masih dalam kondisi pandemi, serta selalu menjaga kebersihan ruangan dan kebersihan diri.

“Apabila ada tahanan yang mengalami sakit segera sampaikan ke petugas piket jaga untuk dipanggilkan Seksi Kedokteran Kepolisian dan Kesehatan untuk pemeriksaan dan pengobatan,” tandas Kapolres Palopo, seraya menambahkan dirinya selalu cek dan kontrol kondisi ruang tahanan melalui Closed Circuit Television (CCTV), secara rutin setiap jam dan secara detail setiap hari meliputi pengawasan terhadap tahanan, benda-benda membahayakan. (him)

  • Bagikan