Syukuran Ultah ke-80, JK Luncurkan Buku ‘Jusuf Kalla di Balik Beragam Isu’

  • Bagikan

Suasana saat peluncuran buku JK, Jusuf Kalla di Balik Beragam Isu, Rabu, 25 Mei 2022.--ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Dalam rangka syukuran hari jadi Jusuf Kalla (JK) ke -80, buku " Jusuf Kalla, Di Balik Beragam Isu" Rabu, 25 Mei 2022 diluncurkan.

Dalam sambutannya, Hamid Awaludin mengatakan, menulis buku tentang JK sangatlah mudah.

"Menulis buku tentang JK sangat mudah karena pikirannya berbanding lurus, dengan sikapnya. Pikiran Pak JK Simpel tapi selalu logis," kata Hamid Awaludin.

Buku yang ditulis sahabat JK, Hamid Awaludin ini menceritakan perjalanan panjang sejarah perpolitikan Indonesia, dan sepak terjang mantan wapres periode 2004-2009 dan 2014-2019 itu.

Buku Jusuf Kalla Di Balik Beragam Isu, ini dibedah dua penanggap yakni Azyumardi Azra ketua Dewan Pers 2022-2025, dan Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Rikard Bagun yang dipandu langsung Rosiana Silalahi.

Azyumardi Azra menilai pak JK sebagai problem solving” dan “solidarity making”.

" Pak JK ini, adalah sosok "problem solving” dan “solidarity making. Bisa kita lihat dari caranya menyelesaikan berbagai persoalan saat menjabat wapres di masa SBY dan Jokowi " kata Azyumardi.

Dalam buku ini, dituliskan kisah politik JK yang bercerita tentang pelayanan yang merambah banyak lahan. JK menjadi aktor penting dalam misi perdamaian pemerintah dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). JK juga terlibat dalam usaha-usaha perdamaian lain seperti mendamaikan dua tokoh politik Malaysia, Najib Razak dan Anwar Ibrahim, dan upaya mendamaikan Pemerintah Afghanistan dengan Taliban.

Kisah-kisah dalam buku ini merupakan kesaksian yang merangkum kebesaran karya Jusuf Kalla bagi masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia. Buku ini menjadi bukti nyata bahwa Jusuf Kalla merupakan tokoh utama di balik berbagai perkara. (*/pp)

  • Bagikan