Untuk Calon Pengusaha Wajib Tahu, Ini Tips Temukan Peluang Bisnis

  • Bagikan
FLEI 2022 membagikan tips agar calon pengusaha bisa menemukan peluang bisnisnya. Ilustrasi UMKM: Ricardo/JPNN.com

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Memulai usaha, memang lebih rumit memikirkannya. Makanya, harus disambut baik Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2022 yang membagikan tips agar calon pengusaha bisa menemukan peluang bisnisnya.

Selain memenuhi kebutuhan pasar, calon pengusaha dinilai harus memiliki pengetahuan tentang bisnis yang akan dijalaninya.

Cara mempelajari bisnis bisa dilakukan dengan seminar kewirausahaan hingga mengikuti influencer pebisnis di media sosial.

Tips pertama yang disampaikan FLEI 2022 ialah calon pengusaha harus membuka mata lebar-lebar.

"Sebenarnya, peluang untuk bisnis bisa datang saat kita tidak mengharapkannya. Misalnya, saat bertemu rekan dekat. Berbincang dengan teman baru atau teman lama bisa membuka pola pikir dan saling bertukar informasi. Jika melihat lebih dalam, terkadang potensi usaha tersebut muncul," tulis pernyataan FLEI 2022, Kamis (2/5).

Selanjutnya, calon pengusaha juga harus menjaga pikirannya agar tetap prima agar tidak kehilang peluas bisnis karena pola pikir sendiri.

"Ketika pola pikir kita terbuka, maka banyak hal yang ingin dicoba kemudian memunculkan ide bisnis yang bahkan belum pernah kita pikirkan sebelumnya," lanjut keterangan FLEI. Artinya, jika pikiran tertutup terhadap peluang, otak hanya sibuk memikirkan kegagalan usaha yang belum pernah dilakukan.

Tips ketiga ialah berlatih untuk maju dengan mencari peluang di tempat yang tidak terduga.

Misalnya, peluang bisnis melalui jejaring dalam sebuah pameran, konferensi, atau kegiatan lainnya. "Keluarlah dari zona nyaman kita untuk bertemu rekanan baru, bahkan di luar bidang kita," tandas pernyataan FLEI 2022.

Diketahui, FLEI adalah sebuah pameran berbasis ekosistem peluang bisnis yang membantu mempertemukan antara pemilik waralaba dan calon pewaralaba. Pameran tersebut disajikan melalui acara One Stop Solution for Business Opportunity Seekers bertema Getting Back To Growth di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, pada 3 hingga 5 Juni 2022. (jpnn)

  • Bagikan