Selasa, Calon Pimpinan Baznas Palopo Tes Wawancara

  • Bagikan
Sekretaris Pansel Calon Pimpinan Baznas Palopo, Lukman S.Fil.I

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TAKKALALA-- Masa jabatan pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palopo periode 2017-2022 telah berakhir sejak April lalu. Saat ini sedang proses seleksi pengurus masa bakti 2022-2027.

Menurut Sekretaris Panitia Seleksi Calon Pimpinan Baznas Palopo, Lukman S.Fil.I yang dikonfirmasi Palopo Pos, Sabtu, 11 Juni 2022 lalu, tahap seleksi pimpinan Baznas Palopo sudah masuk sepuluh besar.

Adapun sepuluh besar tersebut yakni Dr Abdul Muin Razmal MPd, As'ad Syam SE MAk, Ibrahim ST, Irsal Hamid SPdI, Drs H Muchtar Basir MM, Drs H Muslimin MSi, Drs H Mustahrim MHI, Drs H Nazaruddin Bin A, Drs Nursalam, dan Sumarsono SE.

Sesuai jadwal, mereka akan mengikuti tes wawancara secara virtual di Kantor Inspektorat Palopo, Selasa, 14 Juni 2022 besok. Yang melakukan wawancara adalah pimpinan Baznas pusat. Pansel hanya menfasilitasi untuk wawancara.

Awalnya, ada 13 orang yang mendaftar calon pimpinan Baznas. Satu orang mengundurkan diri yakni
Firman Saleh (Wakil Ketua Baznas Palopo) sehingga yang ikut tes tertulis hanya 12 orang. Dua gugur tes tertulis yakni Andi Irsal Ilyas dan Taqwin Pade (pensiunan Dishub Palopo).

Sepuluh orang yang dinyatakan lolos oleh Pansel, diajukan oleh Wali Kota kepada Baznas pusat untuk mendapatkan pertimbangan pengangkatan sebagai pimpinan Baznas. Sebelum pertimbangan itu diberikan, Baznas Pusat terlebih melakukan verifikasi faktual kepada 10 calon yang diajukan. Hasil verifikasi faktual itulah nanti yang jadi bahan pertimbangan Baznas pusat untuk ditetapkan dan diangkat sebagai calon pimpinan oleh Wali Kota.

Adapun syarat calon pimpinan Baznas yakni usia minimal 40 tahun, bersedia kerja penuh waktu, tidak aktif sebagai kader/pengurus parpol, tidak sedang merangkap pengelola lembaga zakat lainnya, punya pemahaman/pengetahuan tentang pengelolaan zakat, sehat jasmani dan rohani, bebas Narkoba, dan tidak pernah dihukum dengan pidana minimal 5 tahun. (ikh)

Sepuluh Besar Calon Pimpinan Baznas Palopo

1. Dr Abdul Muin Razmal MPd
2. As'ad Syam SE MAk
3. Ibrahim ST
4. Irsal Hamid SPdI
5. Drs H Muchtar Basir MM
6. Drs H Muslimin MSi
7. Drs H Mustahrim MHI
8. Drs H Nazaruddin Bin A
9. Drs Nursalam
10. Sumarsono SE.

* Sumber: Baznas Palopo. (*)

  • Bagikan