Wahai Pecinta Kopi, Hati-hati! Ini 5 Efek Samping Minum Kopi Berlebihan

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BOGOR-- Minum kopi merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi orang. Bahkan, minuman ini juga amat digemari masyarakat.
Biasanya, Anda minum kopi setelah bangun tidur, saat mata lelah akibat bekerja dan lainnya. Minum kopi memang bisa menghilangkan rasa kantuk dan meningkatkan fokus Anda kembali.

Namun, segala sesuatu yang berlebihan itu tetap saja tidak baik, termasuk minum kopi berlebihan. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Masalah pencernaan

Kafein bisa membuat otot katup kerongkongan bagian bawah melemah. Kondisi ini membuat katup tidak bisa menahan cairan lambung yang bersifat asam.
Akhirnya, asam lambung naik ke arah kerongkongan dan menyebabkan refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Asam pada kopi juga bisa memperparah luka atau masalah di lambung. Jadi, Anda perlu berhati-hati jika minum kopi dalam keadaan perut kosong.

  1. Menimbulkan gangguan tidur

Banyak orang yang sengaja minum kopi setiap hari untuk menghilangkan rasa kantuk. Kafein pada kopi memang bisa membantu menstimulasi bagian otak yang menjalankan sistem fokus.

Alhasil, konsentrasi meningkat dan Anda bisa bekerja lebih produktif. Kafein juga bisa memblokir adenosin yaitu senyawa kimia yang bisa memicu kantuk.

Sayangnya, gangguan tidur bisa menjadi bahaya yang muncul dari kebiasaan minuk kopi setiap hari. Akibatnya, kamu akan kesulitan tidur hingga mengalami insomnia.

  1. Memicu kecemasan

Bahaya minum kopi setiap hari yang bisa muncul lainnya ialah masalah mood, yaitu merasa gelisah atau cemas terus-menerus. Kafein pada kopi meningkatkan senyawa bernama adenosin monofosfat siklik.

Senyawa ini ternyata meningkatkan kadar senyawa katekolamin di dalam darah. Jika senyawa katekolamin pada tubuh meningkat, hal ini membuat tubuh menimbulkan respons yang serupa seperti kamu menghadapi rasa takut.

  1. Meningkatkan tekanan darah

Untuk kamu yang memiliki hipertensi, berhati-hatilah dengan efek dari minum kopi setiap hari. Kandungan kafein pada kopi mampu memblokir hormon-hormon yang membuat pembuluh darah melebar. Hal ini membuat pembuluh darah menyempit sehingga tekanan darah akan meningkat.

  1. Merusak otot

Bahaya minum kopi setiap hari ini sebenarnya jarang terjadi. Namun, jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang dan dengan kadar kafein yang tinggi, risiko ini mungkin muncul.

Studi yang diterbitkan oleh jurnal Human and Experimental Toxicology (2014) menjelaskan konsumsi kopi dengan kadar kafein sangat tinggi setiap hari menyebabkan efek rhabdomyolysis atau kerusakan otot rangka. Kafein diketahui meningkatkan kadar kalsium di dalam sel. Mineral ini berguna untuk memicu kontraksi otot. (genpi/jpnn/pp)

  • Bagikan