Viral! Wanita Diduga ODGJ Asal Sidrap Ganggu Imam Masjid Terminal Palopo Saat Salat Jumat

  • Bagikan
SEORANG wanita diduga gangguan jiwa hendak mengganggu imam Masjid Terminal Dangerakko, Palopo saat memimpin Salat Jumat. REPRO

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO-- Jemaah Masjid Albaroka Terminal Dangerakko, Kota Palopo dibuat heboh oleh aksi seorang wanita, yang diduga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), lantaran mengganggu imam saat berlangsungnya ibadah Salat Jumat, Jumat siang 17 Juni 2022, tadi.

Aksi wanita ODGJ yang diketahui merupakan warga asal Sidrap itu, sempat terekam kamera CCTV masjid yang menyorot ke posisi imam dan makmum. Dalam rekaman, terlihat ODGJ itu menggunakan baju kuning, celana lepas hitam panjang dengan tas slempang coklat di samping. Saat tangan kanan ODGJ memegang tangan imam masjid, dengan sigap salah seorang makmum bagian depan saf segera mengamankan wanita tersebut.

Makmum yang mengamankannya itu, ternyata merupakan salah seorang anggota Polres Palopo (Polisi Santri) yang kerab salat di masjid tersebut. Dia adalah Bripka Okto Abriadi, merupakan Polisi Santri Poles Palopo.

Okto Abriadi saat ditemui pasca kejadian, mengaku tidak mengenal wanita tersebut. Namun, setelah mendapat informasi dari sejumlah warga yang juga ikut sholat Jumat Berjamaah siang tadi, barulah dia mengetahui bahwa wanita tersebut merupakan ODGJ.

"Saya juga tidak kenal dengan wanita itu, tapi menurut warga sekitar terminal dan orang yang kerap mangkal di terminal, katanya wanita itu gangguan jiwa," kata Okto.

Sempat dilakukan pemeriksaan barang bawaan dalam tas yang dibawa oleh wanita tersebut lanjutnya.

"Saat kejadian sempat kita amankan. Seusai salat Jumat, saya geledah tas yang dia bawa. Tapi yang didapati dalam tasnya hanya peralatan kosmetik, tidak ada benda seperti berupa sajam," lanjutnya.

Karena dibenarkan oleh warga wanita tersebut merupakan ODGJ, Okto bersama jamaah lainnya melepas wanita tersebut dan dibawa oleh suaminya.

Informasi lain diperoleh tentang wanita tersebut, diperoleh dari Ilham, aheng dalam terminal. Keterangan sama juga disebutkan bahwa wanita usia sekira 28 tahun itu, merupakan ODGJ dan sempat dirawat di RS Dadi Makassar.

"Orang Sidrap itu, di Palopo tinggal kontrak di Jl. Belimbing sama suaminya. Perna dibawa ke RS Dadi tahun lalu tapi kabur. Keluarganya juga sempat datang cari dia tapi sepertinya disembunyikan oleh suaminya yang sudah tua itu," kata Ilham.(Riawan)

  • Bagikan