Gibran Mengaku Didorong Maju di Pilgub oleh Mega dan Prabowo, Puan: Yah, Bisa Saja

  • Bagikan

Gibran Rakabuming Raka. --net--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA, Wacana maju pada pemilihan gubernur mendatang oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, kini mulai bergulir.

Tokoh sekelas Megawati yang juga ketua umun PDI Perjuangan dan Ketua Umum Partai Gerindra pun sudah mendorongnya.

Gibran sendiri mengakui bahwa dirinya mendapatkan pesan khusus dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Dorongan Gibran untuk maju, mendapat respon dari Ketua DPP PDI-P Puan Maharani.

Menurutnya, pesan-pesan itu bisa saja diberikan. Tapi soal Pilgub dinilai masih jauh waktunya yaitu setelah Pemilu 14 Februari 2024.

"Yah, tentu saja bisa. Khan masih nanti Pilkadanya tahun 2024. Karena, Pilkada kita lakukan secara serentak 2024," kata Puan kepada wartawan saat ditemui di Masjid At-Taufiq, Jakarta Selatan, Senin, 20 Juni 2022 malam.

Puan pun mengajak seluruh kepala/wakil kepala daerah untuk fokus saja terhadap tugasnya di sisa jabatan hingga 2024.

''Fokus saja dulu tugas di masa pengabdian supaya mampu bermanfaat bagi daerahnya hingga akhir masa jabatan,'' katanya..

Dan, memang, Puan juga menyebutkan bahwa Gibran termasuk kader PDI-P yang dipertimbangkan maju dalam Pilkada 2024.

"PDI-P, Alhamdulillah punya banyak kader mumpuni maju di Pilkada yang akan datang. Tentu saja mas Wali kota Solo jadi salah satu kader sesuai dengan mekanisme kami pertimbangkan maju di Pilkada 2024," ucapnya.

Kendati demikian, Puan tak menjawab dengan gamblang ketika ditanya soal daerah mana yang cocok bagi Gibran jika maju dalam pilkada provinsi.

Sebab, menurutnya saat ini fokus partai soal Pemilu 2024 agar berjalan dengan matang.

"Setelah kita selesai pilpres, bulan Februari, baru kita persiapan pilkada. Jadi sekarang fokus pada posisi jabatan di kabupaten kota atau provinsi saja," jelas Puan, seperti dikutip kompas.

Sebelumnya, diketahui Gibran mengklaim bahwa Megawati dan anaknya Puan Maharani memberi saran dan wejangan politik agar maju dalam pemilihan gubernur atau pilgub.

“Kemarin setelah sekolah partai dapat kesempatan bertemu Bu Ketua Umum, Mbak Puan lalu Menhan dan Pak Sekjen juga,” kata Gibran, Senin, 20 Juni 2022.

Gibran mengakui bahwa dalam pertemuan tersebut memang terdapat pembicaran mengenai politik. Namun, hal itu disebut Gibran masih jauh kalau soal urusan dukung-mendukung.

“Iya ada sedikit (politik) masih jauh (pilgub), untuk urusan dukung-mendukung nanti aja,” ucapnya.

Sementara itu, Prabowo Subianto saat bertemu Gibran di kediamannya, Hambalang, Jawa Barat juga disebut memberikan wejangan terkait karier politik ke depan.

Gibran mengatakan, Prabowo menyarankan dirinya maju sebagai gubernur pada Pilkada Serentak 2024.

"(Pak Prabowo) menyarankan salah satu provinsi," kata Gibran.(net/pp)

  • Bagikan