Resmikan Aula Banua Wisata, Rustam Investasi Rp100 M

  • Bagikan
Pembina Yayasan SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo, Rustam Lalong saat menyambut Wali Kota Palopo, HM Judas Amir bersama Aprianus Honoki yang hadir mewakili Direktur Perkapalan dan Kepelautan Kemenhub. --aldy/palopopos--

Juga Kukuhkan 112 Taruna

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Wali Kota Palopo, HM Judas Amir meresmikan aula Banua Wisata milik Rustam Lalong di sekitar kompleks SMK Pelayaran SNU Palopo, Senin 20 Juni 2022. Ini adalah salah satu bangunan untuk melengkapi multi usaha milik owner SMK Pelayaran SNU Palopo tersebut. Dengan total investasi seluruhnya kurang lebih Rp100 miliar.

Peresmian itu dilakukan usai pelantikan 112 Taruna dari dua jurusan yakni Ahli Nautika Tingkat IV (ANT IV) dan Ahli Tekhnika Tingkat IV (ATT IV). Wali Kota Palopo di kesempatan kali ini memuji kiprah Rustam Lalong yang berkontribusi untuk pembangunan daerah. Selain SMK Pelayaran yang dibangunan beberapa tahun lalu, kini Rustam kembali membangun objek wisata yang berada di sekitar sekolahnya.

Menurut Wali Kota Palopo, Pak Rustam, tidak hanya sebagai Kepala Dinas Perhubungan, namun ia turut andil dalam pembangunan daerah, Judas Amir bahkan mengajak masyarakat kota Palopo untuk bersama menciptakan hal yang sama seperti dilakukan oleh Rustam Lalong seperti sekolah pelayaran ini yang banyak menciptakan pelaut-pelaut handal dan membuka lapangan kerja.

Peresmian aula yang bertepatan dengan pelantikan taruna ini dihadiri Plt Kepala Syahbandar Makassar, Aprianus Honoki yang hadir mewakili Direktur Perkapalan dan Kepelautan, sejumlah perwakilan unsur Forkopimda, mitra serta ratusan tamu dan undangan.

Rustam lalong kepada Palopo Pos, mengatakan, yang diresmikan ini adalah penunjang objek wisata miliknya serta sekolah yang juga diperuntukkan untuk masyarakat luas. Menghampiri Rp1 miliar dana yang digelontorkan Pembina yayasan tersebut untuk gedung Aula. Di kompleksnya ini dibagian bawah terdapat gedung yang diisi 18 kelas belajar, 12 laboratorium, dan banua beku, sementara pada bagian atas terdapat wahana seperti kolam renang, cafe, aula yang diresmikan tersebut serta penginapan 14 kamar yang sementara dalam proses pembangunan. Disebutkan Rustam investasi untuk usaha ini kurang lebih Rp100 Miliar. "Sekitar itu, Rp100 miliar, kami mulai pembangunan untuk sekolah tahun 2005 dan pengembangan di tahun 2018 dan 2020, itu sudah termasuk aspal jalan," ungkapnya.

LANTIK 112 TARUNA
Sementara itu pada prosesi pelantikan, Plt Kepala Syahbandar Makassar, Aprianus Honoki yang hadir mewakili Direktur Perkapalan dan Kepelautan dalam amanatnya juga memuji kiprah SMK Pelayaran SNU Palopo ini dimana sekolah adalah salah satu yang terbaik di Indonesia Timur. Karena itu ia meminta agar para taruna ketika sudah berada didunia kerja bisa menjaga nama baik sekolah.Selain itu dia juga mengharapkan kepada para wisudawan bisa membantu mensejahtrakan orang tuanya yang telah banyak membantu dan berkorban demi penyelesaian studi sekolah anak-anaknya.

Diketahui SMK Pelayaran SNUI Palopo, merupakan salah satu yang terbaik di indonesia timur karena telah banyak menelorkan perwira laut yang sebahagian besar terserap dalam dunia kerja. sejak berdirinya, sebanyak kurang lebih 1000 taruna yang terserap dalam dunia industri perkapalan tersebut, mereka menyandang ijasah perwira tingkat IV Tekhnika dan Nautika. Dan saat ini masih ada 400 taruna yang mengikuti prola di kapal, dan saat dilepas 152 taruna untuk praktek selama 1 tahun. Para taruna ini berasal dari sejumlah daerah di Tana Luwu dan Sulsel, bahkan ada yang lintas provinsi seperti Papua, Sumatera, Kalimantan dan Jawa.

Dan pada pelantikan ini 50 persen taruna yang dilantik memang sudah menjadi pelaut, dan dia sudah digaji oleh pemerirntah oleh instansi yang terkait. Disampaikan sebelumnya, sebanyak 112 taruna dari dua jurusan yang dilantik yakni Ahli Nautika Tingkat IV (ANT IV) dan Ahli Tekhnika Tingkat IV (ATT IV).(ald/idr)

  • Bagikan