Berdoa di Waktu Ini di Hari Jumat! Makbul, Hajat InsyaAllah Cepat Terkabul, Ini Penjelasan Buya Yahya

  • Bagikan
Buya Yahya /Tangkapan layar kanal YouTube/Buya Yahya

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ada waktu-waktu yang makbul untuk berdoa di hari Jumat. Yah, satu waktu di hari Jumat yang memiliki keutamaan spesial yang bisa bikin hajat cepat terkabul.

Barang siapa yang memanjatkan doa di waktu ini pada hari Jumat, maka doa maupun hajat yang dipanjatkan InsyaAllah cepat terkabul.

Adapun keutamaan waktu di hari Jumat ini pernah dibahas oleh seorang ulama sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Bahjah, Buya Yahya.

Dalam tausiyahnya, Buya Yahya sempat mengatakan tentang adanya satu waktu di hari Jumat yang paling mustajab memanjatkan doa.

Artinya, doa yang dipanjatkan di waktu ini sangatlah mustajab.

Sehingga, Buya Yahya menegaskan barang siapa yang memanjatkan doa di waktu ini pada hari Jumat, maka hajat apapun akan terkabul.

Oleh karenanya, waktu ini jadi paling mustajab bila dibandingkan dengan waktu-waktu lainnya di hari Jumat.

Menurut Buya Yahya, tidaklah sia-sia doa maupun hajat yang diminta tepat di waktu ini pada hari Jumat.

Pada dasarnya, doa adalah permohonan kepada Allah yang disertai kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan yang berada di sisi-Nya

Namun, tahukah bila ada waktu terbaik dan istimewa untuk memanjatkan doa di hari Jumat

Lantas, kapankah waktu yang dimaksud Buya Yahya tersebut?

Dalam tausiyahnya, Buya Yahya mengangkat adanya hadits Rasulullah SAW yang menerangkan tentang waktu terbaik untuk berdoa di hari Jumat.

Buya mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah menyinggung adanya waktu terbaik dalam memanjatkan doa kepada Allah SWT di hari Jumat.

" Nabi menyebutkan di hari Jumat ada satu saat, dimulai terbenamnya matahari hari Kamis (memasuki hari Jumat) tidak bertepatan seorang muslim berdoa di jam tersebut, kecuali Allah akan kabulkan," kata Buya Yahya.

Meski Nabi tidak mengungkapkan secara detail, hari Jumat merupakan hari terbaik untuk memanjatkan doa sama halnya seperti malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan kata Buya Yahya.

"Jam berapa? agar semua orang berlomba-lomba, seperti malam Lailatul Qadar," ucap Buya Yahya.

Kemudian Buya Yahya membacakan hadist berikutnya dengan keterangan waktu mustajab di hari Jumat yang bikin doa maupun hajat jadi terkabul.

Adapun waktu yang dimaksud oleh Buya Yahya yakni setelah selesai sholat Jumat.

Tepat di antara dua khutbah, maka disitulah jadi waktu mustajab untuk memanjatkan doa maupun hajat.

"Jam itu, hingga sampai selesai melakukan sholat," dalam sebuah hadits yang dinukil oleh Buya Yahya.

Di waktu inilah doa maupun hajat seorang hamba pasti terkabul tepat di hari Jumat.

"Dari waktu imam duduk hingga waktu sampai selesai sholat," ujar Buya.

Artinya, waktu yang tepat memohon kepada Allah SWT di hari Jumat yakni waktu di mana khatib duduk di antara dua khutbah.

Di waktu ini juga telah disebutkan dan menjadi ijazah dari para ulama menurut Buya Yahya.

"Kemudian dijelaskan oleh para ulama adalah di antara dua khutbah waktu khatib duduk, itulah saat kita memohon kepada Allah SWT," ungkap Buya Yahya, dikutip dari Kanal YouTube Al-Bahjah TV pada Jumat, 24 Juni 2022.

"Waktu yang tepat adalah saat imam duduk di antara dua khutbah," tandasnya, seperti dilansir, portalsulut.com.

Demikianlah ulasan tentang adanya waktu mustajab dalam memanjatkan doa di hari Jumat yang bikin hajat jadi cepat terkabul menurut Buya Yahya.(ps/pp)

  • Bagikan