HMD: Hidupkan Pedagang Kecil, UKM, dan BUMDes untuk Atasi Kemiskinan Luwu

  • Bagikan
Anggota DPRD Sulsel, Dr H Husmaruddin SE MM

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Anggota DPRD Sulsel, Dr H Husmaruddin SE MM (HMD) angkat bicara terkait masuknya Kab. Luwu lima besar daerah termiskin di Sulsel berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel Maret 2022 lalu.

Menurut politisi PAN ini, solusi untuk mengatasi persoalan kemiskinan di Luwu yakni menghidupkan pedagang kecil dan pelaku UKM. Juga memberi peran kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menangani pasar hasil pertanian holtikultura masyarakat umum.

''Yang justru mempermudah izin retail moderen yang secara tidak langsung membunuh pedagang-pedagang kita,'' kata anggota dewan asal Tana Luwu ini.


Pria bertagline HMD Anak Desa juga mengungkapkan bahwa selain data BPS, pemeriksaan BPK-RI saat ini bukan hanya laporan keuangan, tetapi juga Laporan Kinerja Pemerintah Daerah (LKPD)
Laporan APBD Provinsi Sulsel 2021 memberi penekanan supaya pemerintah daerah membuat program pengentasan kemiskinan, lapangan kerja.

''Jangan justru membuat proyek mercesuar yang tidak ada hubungannya dengan perut rakyat dan ekonomi rakyat pada era Pandemi Covid-19 saat ini,'' tandas mantan Wakil Ketua DPRD Luwu ini. (ikh)

  • Bagikan