Usai Musim Haji, Arab Saudi Mulai Buka Layanan Jemaah Umrah, Ini Jadwalnya

  • Bagikan

Jemaah umrah Aljasiyah. --dok--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Kabar gembira dari tanah suci. Usai musim haji, kini Arab Saudi akan membuka kembali layanan jemaah umrah.

Menurut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Kerajaan Arab Saudi akan kembali membuka layanan untuk jemaah umrah pada 15 Zulhijah 1443 Hijriah atau pada 14 Juli 2022 waktu Saudi dan 15 Juli waktu Indonesia.

Yaqut menyampaikan ini setelah  bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Rabiah di Mina, Arab Saudi.

"Alhamdulillah, Kerajaan Arab Saudi akan mulai membuka layanan untuk jemaah umrah pada 15 Zulhijjah 1443 H,"  beber Yaqut dalam keterangan resmi dari Kementerian Agama RI, Selasa, 12 Juli 2022 sepeti dilansir CNN.

Pada kesempatan itu, Yaqut dan Tawfiq turut mendiskusikan persiapan awal penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M tahun depan. Keduanya bersepakat terus berupaya meningkatkan layanan bagi jemaah haji Indonesia.

"Jemaah mendaftar di PPIU (Penyelenggara Ibadah Umrah) dan berhak mendapatkan SPUU dan SPPIU," tulis Kemenag dalam situs resminya.

Yaqut turut mengapresiasi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi atas suksesnya penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M. Selama pelaksanaan ibadah haji tahun ini, Yaqut terus memperhatikan detail kesiapan petugas dalam melayani jemaah.

"Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja sama dan pelayanan jemaah haji Indonesia oleh pemerintah Saudi," kata dia.

Puncak haji tahun ini telah berlangsung pada 8 Juli lalu. Gelombang pertama kepulangan jemaah haji Indonesia dari Saudi akan dimulai pada 15 Juli-30 Juli 2022. Sementara tanggal 31 Juli-14 Agustus 2022 jadwal kepulangan gelombang kedua.

"Semoga ikhtiar ini menjadi ladang amal saleh dan semakin membuat jemaah konsentrasi beribadah," tambahnya.

Ternyata, hal ini sudah dipersiapkan matang oleh maskapai termasuk para pengusaha travel.

Kesiapan maskapai sudah terlihat dengan sudah merilis jadwal keberangkatan.

Lion Air misalnya, akan terbang langsung dari Makassar ke Jeddah dan Makassar-Madinah mulai pertengahan Agustus 2022 dengan durasi progam umrah 12 dan 13 hari.

Begitupun dengan Garuda Indonesia juga sudah melakukan komunikasi dengan travel agen di Sulsel untuk musim umrah mendatang.

Al Jasiyah Travel salah satu PPIU yang sudah melakukan bookingan seat di maskapai untuk program umrahnya.

“Alhamdulillah kami sudah booking seat di Lion Air untuk program 12 hari Makassar landing Madinah masing-masing sebanyak 90 seat di tanggal 22 Agustus dan 12 September,” ungkap CEO Al Jasiyah, Nurhayat, Selasa, 5 Juli 2022.

“Total 180 seat, dan sudah kami siapkan paket umrahnya dengan fasilitas hotel bintang 3,4 dan 5. Dari total 180 seat sudah terisi 40% dari 2 pekan penjualan paket umrah.” tambah Nurhayat. (net/pp)

  • Bagikan