BTP dan Irbar Ramaikan Bursa 01 Jelang Pilwalkot Palopo 2024

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Sejumlah kalangan saat ini mulai menatap perhelatan pemilihan Wali Kota/Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Palopo 2024 mendatang.

Meski terbilang dua tahun lagi dalam pelaksanaannya, namun beberapa figur atau tokoh disebut-sebut bakal meramaikan persaingan Pilwalkot Palopo.

Selain Rahmat Masri Bandaso (RMB), Akhmad Syarifuddin alias Ome, Farid Kasim Judas (FKJ), Haidir Basir (HB), dan Muhammad Kamal Dakka (MKD). Ternyata Bangun Tangke Padang (BTP) dan Irbar Pairing Senobua juga mewacana meraimaikan bursa 01 Pilwalkot Palopo 2024.

Selain itu, dari beberapa kalangan kalangan politisi seperti, Alfri Jamil (ketua PDIP) Palopo, Irwan Hamid (Legislator DPRD Sulsel asal PKB), Budi Sada (ketua partai Gelora) Palopo, Hj Nurhaenih (Ketua DPRD asal partai Golkar) Palopo, Harisal A Latif (legislator DPRD Palopo) dan Hj Hasriani (Ketua Gerindra) Palopo, H Jamaluddin Nuhung (mantan Sekkot Palopo), juga masuk dalam deretan figur yang diperhitungkan maju dalam kontestasi Pilwalkot Palopo.

Keberadaan akan para figur tersebut bukan tanpa alasan untuk diperhitungkan dalam mengambil bagian dalam Pilwalkot mendatang. Nama seperti, Irwan Hamid yang merupakan legislator DPRD Sulsel dua periode ini terbilang mumpuni. Pengalamannya pernah ikut persaingan di Pilwalkot Palopo 2013 lalu.

Adapun Budi Sada seorang mantan birokrasi yang kini bergelut dalam dunia politik. Namanya selalu dikaitkan di Pilwalkot mendatang. Dirinya juga pernah menjadi calon 02 pada Pilwalkot Palopo 2018.

Termasuk, ketua PDIP Palopo saat ini, Alfri Jamil. Salah satu politisi senior ini selalu menghiasi papa survey dalam setiap momentuk Pilwalkot. Bagi sosok Alfri Jamil memiliki pengalaman sebagai mantan anggota DPRD Palopo selama 15 tahun.

Kemudian ada Harisal A Latif. Harisal A Latif adalah salah satu figur yang bis mewakili kalangan pesisir Kota Palopo. Dia bisa diperhitungkan dalam persaingan Pilwalkot Palopo dari raihan suaranya menduduki urutan pertama lebih dari 2.000 pada Pileg 2019.

Sementara, dua dari kalangan perempuan ikut dikaitkan di Pilwalkot Palopo. Adalah ketua DPRD Palopo saat ini, Hj Nurhaenih. Meski pengalamannya dalam dunia politik masih terbilang baru, namun keberadannya ikut dikaitkan di Pilwalkot mendatang, termasuk pula Hj Hasriani. Jika partai Gerindra ingin mengusung calon ke depan maka dipastikan Gerindra akan mengusung ketua mereka. Bahkan, dia tidak menampik akan niatnya mencicipi pertarungan Pilwalkot Palopo mendatang.

Politisi senior Palopo, Yasman Miming yang dimintai tanggapannya, Rabu, 13 Juli 2022 mengatakan bahwa berbicara keberadaan calon Wali Kota pada Pilwalkot Palopo 2024 dan berapa jumlahnya tentu tidak lepas dari hasil Pileg pada Pemilu 2024 yang terlebih dulu dihelat. Karena hasil perolehan kursi pada Pileg nanti akan menentukan jumlah calon yang akan maju.

Meski begitu, Yasman yang pernah menjadi seorang legislator DPRD Palopo dan Luwu ini memandang jika saat ini adalah moment yang baik untuk bagi para figur mencari simpati masyarakat. "Jika ada figur sekarang ini sudah bekerja ke masyarakat untuk kepentingan Pilwalkot tentu itu wajar. Karena memang diperlukan langkah-langkah tersebut untuk menaikkan popularitas dan elektabilitas," kata Yasman. (rul/ikh)

  • Bagikan