Ketum PMTI Ziarah ke Makam Raja-raja Tallo, Istri Raja Tallo Vll Sawerannu Asal Toraja

  • Bagikan

Ketua umum PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa, saat bunga di makam raja-raja Tallo, Makassar, Jumat, 22 Juli 2022. --albert tinus--

Ketua Umum Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa bersama Mayjen TNI .Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki ,SH,MH Pangdam XIV Hasanuddin ,Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo,S.H dan Tokoh-tokoh Budaya Sulsel, kunjungan ziarah makam di Kompleks Pemakaman Raja-raja Tallo di Makassar, Jumat, 22 Juli 2022.

Kehadiran rombongan disambut oleh penjaga makam dan sesepu di Tallo.

Sulwan Dase sebagai salah satu Budayawan menjelaskan tentang istri Raja Tallo VII Tummalianga ri Timoro yang merupakan putri asal Toraja yang bernama Sawerannu.

Kemudian Ketum PMTI dan Pangdam memasuki makam Raja VII Tallo yang berada disisi atas makam istrinya.

Salah satu sesepuh agama dan keturunan raja Tallo menjelaskan bagan garis keturunan dari Lakipadada sampai lahirnya Raja-raja Gowa dan Tallo.

Terkait kunjungan Ketua Umum PMTI ke makam Raja-raja Tallo,Sekjen PMTI Dating Palembangan SE. Ak, MM, Sabtu,23 Juli 2022 kepada Palopo pos menjelaskan bahwa Perkunjungan Ketua Umum PMTI ke makam Raja -raja Tallo dapat memberikan hikmat bahwa Raja Tallo adalah leluhurnya dari Toraja sehingga kalau disimak dari perjalanan ini memperlihatkan bahwa Masyarakat Sulsel sesunguhnya adalah bersaudara.

"Hal berjalannya waktu berkembang peradaban manusia sehingga membentuk suku - suku bangsa sesuai dengan kearifan lokal dan melahirkan suatu entitas baru yang disebut Suku," jelas Sekjen PMTI.

Diketahui di Sulawesi Selatan ada 3 suku besar yaitu Makasar ,Bugis dan Toraja. Sesungguhnya adalah bersaudara, dan bagi kita generasi pelanjut perlu mewariskan nilai nilai-nilai leluhur bahwa sesungguhnya kita adalah bersaudara.(albert tinus)

  • Bagikan