Pemprov Sulsel Sudah Gelontorkan Bantuan Rp411 M di Torut, Tahun Ini Bersamaan HUT ke-14 Dapat Bantuan Rp20 M, Bupati Torut: Terima Kasih Pak Gubernur

  • Bagikan

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat memberikan kata sambutannya di HUT Kabupaten Toraja Utara yang ke 14 di lapangan Bakti Rantepao, Kamis,4 Agustus 2022. --albert tinus-

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID RANTEPAO-- Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Toraja Utara yang ke 14 Tahun akhirnya digelar setelah ditunda, akhirnya dapat terlaksana di Lapangan Bakti, Kecamatan Rantepao, Kamis, 4 Agustus 2022.

Diketahui HUT Toraja Utara diperingati setiap tanggal 21 Juli setiap tahunnya. Namun, pada tahun ini, baru dirayakan tanggal 4 Agustus 2022. Ini dikarenakan menunggu kesiapan kehadiran Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman (Andalan) yang melaksanakan ibadah haji.

Setelah rangkaian acara defile dari dinas/OPD dan Kecamatan, drumband dan ibadah, dilanjutkan atraksi budaya penyambutan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman bersama rombongan Pemerintah Provinsi Sulsel.

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang saam memberikan sambutan pada HUT ke-14 Kabupaten Toraja Utara. --hms-

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang mengawali sambutannya mengaku bangga atas kehadiran Gubernur Sulsel dan berterima kasih atas bantuan keuangan kepada pemerintah daerah sebesar Rp20 Miliar untuk membiayai 4 ruas jalan provinsi.

Bupati Torut ini juga memohon di HUT ke-14, agar Gubernur Andi Sudirman Sulaiman dapat memperhatikan dan melanjutkan kembali pembangunan ruas jalan Sa’dan-Batusitanduk dan poros Tikala-Pangala.

“Karena Toraja Utara lagi sayang-sayangnya sama Bapak Gubernur, kami juga mohon anggaran untuk pembangunan jembatan Malango’ yang sekarang ini sudah pada tahap akhir penilaian dan perhitungan jumlah pembayaran tanah,” harap Ombas sapaan akrabnya.

Ombas berharap agar Pemprov Sulsel dapat melanjutkan kembali tender untuk rencana pembangunan jembatan kembar Malango.

“Hibahkan juga aset yang ada di eks pasar Kalambe yang nanti akan kami bangun alun-alun kota yang dapat menjadi icon Toraja Utara, sebab syarat menjadi kabupaten sehat dan layak anak yaitu memiliki alun-alun kota untuk anak bermain,” ungkap Ketua Partai Golkar Toraja Utara itu.

Diakhir sambutannya, Bupati Ombas menyebut pesan dan harapan masyarakat Toraja Utara sekaligus oleh-oleh buat Gubernur Andi Sudirman Sulaiman agar dapat dibantu yakni 16 lokasi peningkatan jalan dan 3 pembangunan jembatan.

Dikatakan Ombas tidak begitu memaksa jika semua bantuan yang disebut tidak dapat dipenuhi Pemprov Sulsel, namun dapat diperhatikan dan dibantu.

“Masyarakat berharap perhatian dan kasih sayang, yang sudah dikerjakan Bapak Gubernur di Toraja Utara pasti akan dikenang, kehadiran Bapak semoga menjadi berkat bagi kita semua, dan mari penuh kasih dan pengabdian untuk masyarakat,” tutup Ombas.

Sementara Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya jelaskan Kabupaten Toraja Utara di usianya yang ke 14 tahun telah bertransformasi menjadi kabupaten yang berkembang dengan luar biasa.

Hal itu disampaikan pada puncak kegiatan 14 Tahun Kabupaten Toraja Utara yang mengangkat tema “Bergerak Maju Menuju Toraja Utara yang Mandiri, Berbudaya dan Berdaya Saing” di Lapangan Bakti, Singki’, Kota Rantepao.

Lanjut kata Gubernur Sulsel, bahwa untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Toraja Utara, Pemprov telah mengalokasi anggaran senilai Rp411 miliar.

Ini merupakan komitmen Pemprov Sulsel dalam melakukan pembangunan yang merata dan berkadilan.

Utamanya dalam hal mobilisasi barang dan jasa, Pemprov mengenjot pengerjaan infrastruktur. Seperti dalam mendukung akses menuju kawasan wisata di Kapitoo di Kecamatan Kapala Pitu.

Dilakukan penanganan jalan Provinsi ruas Rantepao – Pangalila – Barupu – Batas Provinsi Sulbar secara bertahap.

Di mana tahun ini, akan melakukan penanganan sepanjanh 5,4 KM, di tahun sepanjang 14,7 KM dan sebelumnya 7,1 KM. Hadirnya ruas jalan ini mensupport kawasan wisata menampilkan panorama alam yang indah dan sejuk.

Selain itu, juga penanganan ruas jalan Rantepao – Sa’dan – Batusitanduk secara bertahap. Ruas Rantepao – Batas Luwu telah tuntas 27 KM. Sama halnya jalan ruas Rantepao – Alang-alang – Madandan – Batas Tana Toraja telah tuntas 18 KM.

“Penting Toraja Utara ini menjadi penghubung untuk Luwu Raya,” ucapnya.

Dukungan lain dengan tahun ini memberikan bantuan keuangan daerah Rp20 miliar untuk penanganan sejumlah ruas jalan kabupaten di Toraja Utara.

“Kita sudah tegaskan bahwa Pemprov selalu mendukung Torut termasuk memberikan bantuan keuangan Rp20 miliar untuk tahun ini dan Pemda segera dilaksanakan,” jelasnya.

Selain itu, Andi Sudirman berharap sinergi pembangunan dapat dilakukan dengan kabupaten tetangga termasuk dengan Tana Toraja diantaranya, layanan penerbangan untuk masyarakat Toraja.

Pada kesempatan ini Andi Sudirman juga menyerahkan Bantuan Pembangunan Gapura Perbatasan Wilayah Kabupaten Toraja Utara – Kabupaten Tana Toraja senilai Rp388,4 juta dari Bank Sulselbar, pemberian santunan kematian kepada ahli waris Almarhum Saleno Lolo korban KKB Papua serta apresiasi kepada peraih Kalpataru 2022 Pendeta Rasely Sinampe.

Acara ditutup dengan penyerahan bantuan pembangunan gapura perbatasan Tana Toraja dan Toraja utara sebesar 388 juta, pemberian santunan ahli waris, serta ditutup ataraksi budaya si’ semba asal Baruppu dan musik bambu serta paduan suara.

Hadir para tamu undangan yakni Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, Wakil Walikota Parepare, H. Pangerang Rahim, Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, Wabup Tana Toraja, dr Zadrak Tombeg, Asisten I Sekprov Sulsel, Tautoto Tana Ranggina, jajaran Kepala OPD Sekprov Sulsel yang sempat hadir, Direktur Utama Bank Sulselbar, Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba, Anggota DPRD Sulsel Fraksi Golkar, John Rende Mangontan dan Fraksi Demokrat, Jufri Sambara, jajaran Forkopimda dan Anggota DPRD Toraja Utara, serta tamu undangan.(Albert tinus)

  • Bagikan