Wabup Toraja Utara Membuka Pelatihan Kerajinan Bambu

  • Bagikan

Wabup Torut Frederick Victor Palimbong saat berikan sambutannya. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO - Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Viktor Palimbong, ST membuka Pelatihan Kerajinan Bambu kepada pengrajin bambu di Kecamatan Sanggalangi’. Pelatihan ini yang dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM yang berlangsung di Halaman Kantor Lembang Tallung Penanian, Kecamatan Sanggalangi' Rabu, 9 Agustus 2022.

Saat membuka pelatihan tersebut Wakil Bupati Toraja Utara didampingi Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Toraja Utara Amos Arman Pattola, S.P., MM, Camat Sanggalangi' Antonius T Parung, S.Sos, M.Tr.AP, Kepala Lembang Tallung Penanian, Antonius Teko Pakalla.

Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong, ST dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang dilakukan dinas perindustrian perdagangan koperasi dan UKM atas program yang bermanfaat bagi masyarakat untuk menumbukan industri kerajinan tangan dan pembudidayaan potensi lokal seperti kerajinan industri bamboo.

"Potensi daerah kita sangat mendukung, pohon bambu ini bukan hanya rebungnya di jadikan sebagai sayuran tetapi bisa juga menjadi kerajinan tangan yang bisa menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat kalau kita manfaatkan dengan baik” Ungkap Wakil Bupati Toraja Utara.

“Bagi peserta yang mengikuti pelatihan industri kerajinan bambu ini bukan hanya selesai disini tetapi harus dikembangkan dan bisa memberikan pelatihan kepada pengrajin yang lain," tambahnya.

Dalam laporan panitia oleh Kepala Bidang Industri Suryati Bulo’ menyampaikan Anggaran pelaksanaan kegiatan tersebut bersumber dari APBD Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Toraja Utara Tahun Anggaran 2022 dengan tujuan pelatihan memberikan pengetahuan dan kemapuan serta keterampilan bagi pengrajin Bambu, mendukung pelaku usaha dalam peningkatan pengembangan produk kerajinan, meningkatkan daya saing produk khusunya produk kerajinan bambu.

Pelatihan ini berlangsung selama 7 hari, mulai dari tanggal 09 s/d 15 Agustus 2022 yang diikuti 10 peserta. Mereka dilatih oleh 3 instruktur dari Bali yakni Wayan Mudra, Wayan Balik Artayasa, dan Ari Wedana.(Albert)

  • Bagikan