Dr. Nilawati Uly Terima Penghargaan LLDikti Wilayah IX

  • Bagikan

Penyerahan Penghargaan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi Drs. Andi Lukman, M.Si  kepada Rektor UMB Palopo Dr. Nilawati Uly, S.Si., Apt., M.Kes, Rabu, 17 Agustus 2022 di Makassar. --ist-- 

Sang Srikandi Pendidikan dan Kesehatan Tana Luwu

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Momen Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, menjadi catatan tersendiri bagi Rektor Universitas Mega Buana (UMB) Palopo, DR. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes.

Di saat bersamaan, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah Tana Luwu dan Tana Toraja ini, mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX sebagai Dosen Tetap Yayasan dengan Pengabdian 10 tahun.

Prosesi penyerahan piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultan Batara, Drs Andi Lukman, M.Si, pada upacara bendera 17 Agustus 2022, kepada para dosen yang telah mengabdi selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun di halaman Kantor Growth Centre LLDIKTI IX Sultanbatara, Jl. Perintis Kemerdekaan Makassar.

Bagi Nilawati Uly, dengan adanya penghargaan ini, tentunya momen untuk semakin memompa semangat demi memajukan dunia pendidikan dan kesehatan di Tana Luwu.

Srikandi pendobrak dan berperan menggerakkan roda kemajuan pendidikan dan kesehatan di Tana Luwu ini, banyak hal yang telah dilakukan selama berdirinya Universitas Mega Buana Palopo.

Dengan tangan dinginnya, ia berhasil menyulap Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mega Buana yang dibangunnya, 22 Juni 2009 menjadi Universitas Mega Buana Palopo pada 24 Agustus 2020. Waktu yang begitu singkat hanya 11 tahun.

Menurut Nilawati Uly, kepada Palopo Pos, Rabu, 17 Agustus 2022, saat ini, Universitas Mega Buana Palopo mengelola 10 Program Studi yang terdiri dari Fakultas Kesehatan Program Magister S2 Kesehatan Masyarakat, Program Sarjana terdiri dari S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, S1 Keperawatan dan Profesi Ners. S1 Kesehatan Masyarakat, D4 Kebidanan, Fakultas Bisnis terdiri dari S1 Perdagangan Internasional, S1 Kewirausahaan, Fakultas Hukum program S1 Ilmu Hukum.

Alumni Universitas Mega Buana saat ini tersebar di seluruh Indonesia dan beberapa bekerja di Luar Negeri seperti Arab Saudi, Jepang, dan Taiwan.

Nilawati Uly yang berhasil lulus dengan predikat Cumlaude pada Program S3 Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Unhas Tahun 2014 ini, membangun STIKES Mega Buana yang kini berubah menjadi Universitas Mega Buana sejak 24 Agustus 2020 lalu, tidaklah secara instan. Tapi, butuh perjuangan yang tidak kenal lelah.

Kerjasama dengan perguruan tinggi di dalam dan Luar Negeri, merupakan langkah taktis untuk meningkatkan wawasan dan kualitas PTS yang dikelolanya.

Kerjasama luar negeri telah dilakukan di empat benua diantaranya Temple University Philadelphia - Amerika Serikat, Supertex Swedia, Tomsk University Moscow-Rusia, RUDN University Moscow-Rusia, Tafe University Australia, Tainan Hospital Taiwan, Acharya University India dan beberapa PT di India, Jepang, Thailand, dan Malaysia.

Untuk LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, STIKes MB berada pada peringkat 16 dari 237 PT se Sulawesi. Sementara pada Tingkat STIKes di Wilayah LLDIKTI IX Sulawesi, STIKES Mega Buana Palopo berada di Peringkat 1. Prestasi yang diraih tidak terlepas dari Ketua Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo, H. Rahim Munir, SP, MM, yang setiap saat selalu mendampingi dan memberi dukungan.

Apa yang dilakukan Nilawati Uly di dunia pendidikan juga mendapat pujian dari Kepala LLDikti Wilayah IX Drs. Andi Lukman, M.Si. Apa yang telah dilakukan Nilawati Uly dalam menggerakkan pendidikan di Tana Luwu patut diapresiasi.

Sebagai Rektor Perempuan pertama di Tana Luwu dan Toraja ini, menurut Andi Lukman, sungguh luar biasa. Gebrakan yang dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri dan perguruan ternama di dalam negeri, sungguh tekad yang begitu tinggi untuk memajukan pendidikan dan dunia kesehatan.

Tidak hanya dunia Pendidikan yang jadi perhatian dari Srikandi asal Tana Luwu ini. Nilawati Uly juga cukup berjasa dalam dunia kesehatan. Hotel Citra Buana Palopo, disulap menjadi Rumah Sakit termegah di Kota Palopo. Fasilitasnya lebih modern, yaitu Rumah Sakit Mega Buana yang juga melayani pasien BPJS Kesehatan, dan beberapa asuransi kesehatan lainnya.

Nilawati Uly juga memiliki rasa empati kepada masyarakat. Maka tak heran, setiap saat selalu memberikan sumbangan kepada masyarakat yang membutuhkan. Termasuk membantu masyarakat yang terdampak bencana seperti longsor di Battang, Palopo, Banjir Bandang di Luwu Utara, termasuk memberikan bantuan juga kepada korban gempa di Sulbar.

Tidak itu saja, kepada mahasiswanya juga selalu diberikan kemudahan. Seperti memberikan beasiswa dan menyekolahkan dosen-dosennya untuk meningkatkan wawasan dan kualitas demi memajukan pendidikan. (uce)

Profil:

Nama: DR.HJ.NILAWATI ULY, S.SI., APT., M.KES
Pekerjaan: Rektor Universitas Mega Buana Palopo
Lahir: Palopo,22 Desember 1979
Pendidikan Terakhir: S3 Ilmu Kedokteran UNHAS

Direktur PT.Mega Buana yang Mengelola RS.Mega Buana

Organisasi

* Ketua APTISI Wilayah Tana Luwu Tana Toraja
*Divisi Bidang Uji Kompetensi APTISI Pusat
*Koordinator APTISI Wilayah Tana Luwu Tana Toraja APTISI Wilayah IX A Sulawesi

*Bendahara Umum APPTI Wilayah Sulawesi
*Bendahara Umum HPTKES Wilayah Sulawesi
*Ketua Bidang Kerjasama Luar Negeri HIPKES Pusat (Himpunan Perguruan Tinggi Kesehatan)
*Dewan Penasehat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Kota Palopo
*Pembina Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Palopo
*Bendahara ICMI Cabang Kota Palopo
*Wakil Ketua Bidang Kerjasama Luar Negeri Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Cabang Palopo
*Ketua IKA SMPN 2 Palopo
(***)

  • Bagikan