Departemen Geofisika FMIPA UNHAS Gelar GEODAY 2022

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID -- Departemen Geofisika FMIPA Universitas Hasanuddin (Unhas) Kembali menyelenggarakan kegiatan GEODAY di tahun 2022, setelah terakhir kali diselenggarakan pada tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12-14 Agustus 2022 di Lingkungan Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin.

GEODAY merupakan kegiatan yang ditujukan untuk memperkenalkan metode-metode geofisika beserta aplikasinya dalam industri, pembangunan infrastruktur, dan masyarakat. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan praktik lapangan, sehingga para peserta selain mendapatkan pemahaman dari materi yang dipaparkan, namun juga pemahaman dalam akuisisi, pengolahan, serta interpretasi data. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mendukung capaian Kinerja Utama 4 (IKU-4) Universitas Hasanuddin yaitu meningkatkan kompetensi kerjasama dosen/praktisi dari DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri) sehingga peserta yang mengikuti kegiatan tidak hanya dosen namun para professional.

Pembukaan diawali dengan pemutaran Lagu Indonesia Raya dan Mars Unhas, diikuti pembacaan doa agar kegiatan berjalan dengan baik dan lancer. Kemudian acara dibuka secara resmi oleh Dr. Erfan Syamsuddin M.Si selaku Sekretaris Departemen Geofisika

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dengan pemaparan teori terlebih dahulu sebagai pembekalan, seperti metode geolistrik, Automatic Weather Station (AWS), Multichannel Analysis Surface Wave (MASW), serta Mikrotremor yang kemudian diikuti praktik lapangan pada hari kedua dan ketiga. Selain itu, kegiatan Temu Alumni Geofisika Unhas juga menjadi rangkaian acara GEODAY pada hari kedua dengan pembahasan kolaborasi antara Departemen dengan Ikatan Alumni Geofisika dalam mencapai pembelajaran dan lulusan geofisika yang lebih baik dan siap menempuh dunia kerja.

Setelah kegiatan GEODAY ini, harapannya para peserta yang telah mengikuti rangkaian acara dari awal hingga akhir dapat memahami dengan baik peran serta pengaplikasian metode-metode geofisika dalam industri, pembangunan infrastruktur, dan masyarakat.(*)

  • Bagikan