Ketua Bidang Luar Negeri PMTI Dewi Sartika Bantu Pulangkan Jenazah ABK Asal Toraja

  • Bagikan
  • Dari Singapura ke Toraja

PALOPO --- Luis, salah seorang ABK Kapal warga asal Toraja sudah dipulangkan ke kampung halaman, Toraja. Jenazah almarhum sementara jalan dari Makassar ke Toraja.

Demikian diungkapkan Ir Dewi Sartika Pasande, M.Sc, kepada Palopo Pos, Jumat 19 Agustus 2022.

"Jenazah sudah dalam perjalanan dari Makassar menuju Toraja," sebut DSP-sapaan akrab Dewi Sartika Pasande, ketua bidang luar negeri PMTI.
Ia terus memantau pemulangan jenazah almarhum ke Toraja.

Ketua Bidang Luar Negeri PMTI Ir. Dewi Sartika Pasande, M.Sc all out membantu memulangkan jenazah ABK Kapal warga Toraja di Singapura.

Untuk diketahui, warga Toraja bernama Lius ini bekerja sebagai ABK Kapal MT. Perl Mercury. Ia meninggal dunia beberapa hari yang lalu.

Dewi Sartika Pasande atau DSP menjelaskan, pihaknya berhasil pulangkan jenazah dari Singapura.

Sebagai Ketua Bidang Luar Negeri PMTI, DSP menfasilitasi dengan koordinasi petugas di kapal KBRI Singapura dan pihak rumah sakit.

Menurut DSP, almarhum ini waktu mendaftar pakai alamat Batam sementara kalau jenazah di pulangkan ke Batam sulit keluar. "Kami kasian dengan keluarga sehingga membantu berkoordinasi,” jelas DSP.

DSP mengatakan, saat meninggal dunia jenazah akan dibedah, namun karena koordinasi yang baik PMTI Bidang Luar Negeri meminta agar tidak dilakukan pembedahan." Keluar khawatir ada organ tubuh yang hilang," katanya.

Koordinasi berlanjut terus karena Singapura sangat ketat. "Tapi Alhamdulillah semua berjalan lancar. Ini semua atas arahan Ketua Umum PMTI, Mayjen (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa untuk menfasilitasi koordinasi di bantu oleh PMTI Batam juga Cristian dan Wella yang merupakan rekan kerja dari almarhun Lius,” jelasnya.(ary)

  • Bagikan