Meriah dan Seru Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Puskesmas Wisata Padang Lambe

  • Bagikan

Nampak kegiatan yang dilaksanakan Puskesmas Wisata Padang Lambe. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Seru. Kata itulah yang tepat disematkan pada peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77. 

Antusiasme masyarakat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sangatlah tinggi. Mulai dari kota hingga ke pelosok desa.

Baik oleh kalangan berada maupun kalangan terbatas. Mereka dengan senang hati melakukan swadaya demi terwujudnya perayaan tahunan yang sarat pesan heroik tersebut. Pada wajah mereka nampak keceriaan yang berlipat ganda.

Maklumlah,  karena makna kemerdekaan kali ini bukan hanya terbebas dari penjajah, tetapi juga terbebas dari corona, atau covid-19. Sebuah bencana non alam yang telah memaksa kita mengurung diri di dalam rumah selama kurang lebih tiga tahun terakhir ini. Kita kembali “tidak merdeka” dalam tempo yang terasa cukup lama. Tapi syukurlah, kita telah mengusirnya dengan penuh pengorbanan, bahkan hingga nyawa rekan-rekan seperjuangan kita banyak yang melayang. Dan kini saatnya kita kembali memproklamirkan kemerdekaan kita dengan penuh suka cita, dan dengan semangat baru tentunya.

Jika tahun-tahun sebelumnya aneka kegiatan dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan dilakukan sebelum tanggal 17 Agustus, dan setelahnya tinggal ramah tamah dan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba, maka tahun ini relatif berbeda.

Setelah 17 Agustus pun sejumlah kegiatan seperti berbagai lomba olahraga dan seni masih saja berlangsung dimana-mana, dan melibatkan cukup banyak warga. Seolah tidak mau berhenti.

Antusiasme masyarakat sungguh sangat tinggi. Mereka tidak takut lagi dari covid-19, apalagi dari penjajah.  

Fenomena tersebut juga wujud di lingkungan Puskesmas Wisata Padang Lambe Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Pada Puskesmas khas wisata yang berada di kaki Gunung Latimojong tersebut juga diselenggarakan peringatan HUT kemerdekaan RI dengan sangat meriah. Di tengah keterbatasan sumber daya yang tersedia, ASN, Tenaga Kontrak dan Suka Rela beserta keluarganya larut menyatu dalam aneka lomba olahraga dan seni yang diselenggarakan oleh panitia.

Adapun jenis lomba yang diselenggarakan di pelataran Puskesmas pada tanggal 19 Agustus 2022 tersebut adalah Lomba estafet lari karung, Lomba pindah sarung, Lomba joget balon, Lomba lari estafet balon, Lomba makan kerupuk, Lomba memasukkan paku di botol dan Lomba menyanyi.

Peserta dikelompokkan berdasarkan gedung yang terdiri dari Gedung Kantor (Admin), UGD, Poliklinik dan UKM (Gedung baru) dengan estimasi peserta 70 orang. Sejumlah hadiah juga telah disiapkan untuk para pemenang. Sedangkan Tim UGD yang keluar sebagai juara umum memperoleh hadiah spesial.

Menurut ketua panitia, drg. Mertian Damsar, SKG “Kegiatan ini terselenggara atas arahan Bapak Kepala Puskesmas dan kontribusi secara swadaya dari teman-teman staf Puskesmas”.

Oleh karena itu, ia mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepala Puskesmas atas arahannya, dan kepada segenap teman-teman staf Puskesmas atas konstribusi dan partisipasinya sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Adapun lomba olahraga dan seni ini dimulai dengan pembukaan oleh Kepala Puskesmas kemudian dilanjutkan dengan lomba, dan terakhir penyerahan hadiah bagi para pemenang.

Dalam arahannya, Kepala Puskesmas Wisata Padang Lambe, Anwar, S.Kep, Ns menjelaskan bahwa kegiatan ini sengaja dibuat sebagai sarana berpartisipasi dalam rangka mengisi peringatan HUT kemerdekaan RI yang ke-77.

Dalam hal ini, kita memberi pesan keluar bahwa dari kaki gunung ini kita tetap bisa berkonstribusi dalam mensukseskan tema HUT kemerdekaan RI ke-77, yaitu Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

Sedangkan untuk internal momentum ini diharapkan menjadi motivasi baru bagi segenap staf Puskesmas dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.(ist/pp)

  • Bagikan