Nanti Malam PSM Bentrok Persib, Hanya Satu Kata, Menang!

  • Bagikan
Pemain PSM Everton dan Arfan. --fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Pecinta PSM Makassar kembali akan menyaksikan timnya bermain. Yah, PSM Makassar akan meladeni tamunya yang juga merupakan musuh bebuyutannya, Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 2022.

Partai penuh gengsi ini dipastikan akan berjalan alot dan ketat di Stadion Gelora BJ Habibie, Senin, 29 Agustus 2022, pukul 21.00 Wita yang akan disiarkan secara langsung Indosiar.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, mengatakan meski skuadnya merasakan kelelahan usai melawan Kuala Lumpur FC, tapi pada laga melawan Persib dipastikan bakal tampil habis-habisan. Tim berjuluk Juku Eja ini enggan menelan kekalahan di kandang sendiri.

“Kami harus punya mental yang kuat jika ingin menjadi tim bagus,” tutur Bernardo saat jumpa pers menjelang pertandingan, Ahad 28 Agustus 2022. Ia mengatakan anak asuhnya tak boleh kalah lagi dari Persib Bandung.

Tercatat, terakhir kali PSM menang dari tim berjuluk Pangeran Biru ini ialah pada 17 Agustus 2019. Oleh karena itu, Bernardo punya misi tersendiri pada laga nanti, yakni ingin menorehkan sejarah dengan memutuskan hasil buruk kala meladeni Persib.

''Kami punya kesempatan menorehkan sejarah. Menang melawan Persib,” tutur pelatih asal Portugal ini.

Bernardo menegaskan PSM Makassar harus menjaga tren positif di BRI Liga 1 yang belum merasakan kekalahan dari lima laga terakhir. Bahkan, Wiljan Pluim dan kawan-kawan bisa meraih tiga poin kala menghadapi Arema Malang dan Bali United serta menahan imbang Persija Jakarta.

Ternyata kubu Persib Bandung juga tak gentar. Tim Maung Bandung dibawa pelatih Luis Mila, menargetkan meraih poin penuh di markas PSM.

Persib Bandung yang baru meraih dua kemenangan dari enam laga yang sudah dimainkan. Kali ini datang ke Parepare dengan misi membawa pulang tiga poin.

Budiman Yunus selaku pelatih Persib untuk sementara membeberkan kekuatan timnya yang ia bawa pada laga kali ini.

“Kami datang ke sini dengan membawa 20 pemain dan kami kesini ingin mengambil sesuatu (poin) dan kami juga siap memberikan yang terbaik,” kata Budiman dalam sesi konferensi pers, Minggu (28/8/2022).

Pelatih baru Persib yakni Luis Mila dipastikan akan turun langsung mendampingi anak asuhnya ketika menghadapi PSM Makassar.

Sementara itu sang pemain bertahan Ahmad Jufrianto mengatakan bahwa timnya datang ke Parepare dengan misi membawa pulang tiga poin.

“Sebagai seorang pemain tentunya kita ingin memberikan yang terbaik dari yang kita punya. Beberapa pertandingan di kandang kita banyak kehilangan poin,” kata Ahmad Jufrianto.

“Pada saat kita melakoni laga tandang tentunya kita berusaha untuk mendapatkan tiga poin. Dan itu yang akan menjadi target kita besok,” lanjutnya.

Persib Bandung sendiri di musim ini bisa dikatakan performanya belum stabil.

Dari enam yang sudah dimainkan mereka baru meraih dua kemenangan satu hasil imbang dan tiga kali kekalahan.

Tim Maung Bandung sendiri sering kehilangan poin ketika bermain di kandang sendiri. Bahkan sang pelatih sebelumnya memutuskan mundur dari kursi kepelatihannya.

Kini dibawa asuhan Luis Mila Persib diharapkan mampu kembali ke performanya dan bisa bersaing lagi dipapan atas klasemen.

Di laga sebelumnya, Persib harus menuai hasil negatif usai takluk dari Bali United di kandang sendiri.

Kala itu, Persib gagal meraih kemenangan dan tidak mendapat poin usai kalah dengan skor 2-3.

Persib kini berada peringkat 13 klasemen sementara Liga 1 dengan total raihan 7 poin.

Sementara itu, PSM Makassar berada di posisi 6 dengan perolehan total 13 poin.

Dari segi head to head lima pertemuan terakhir, kedua tim cukup berimbang dengan sama-sama meraih dua kemenangan dan satu laga berakhir imbang.

Berikut ini head to head PSM Makassar vs Persib Bandung:

22 Februari 2022
PSM Makassar 0-2 Persib Bandung

02 Oktober 2021
Persib Bandung 1-1 PSM Makassar

18 Agustus 2019
PSM Makassar 3-1 Persib Bandung

23 Oktober 2018
PSM Makassar 1-0 Persib Bandung

23 Mei 2018
Persib Bandung 3-0 PSM Makassar

PSM Makassar diyakini tetap akan mengandalkan Everton untuk membongkar pertahanan lawan.

Sang kapten Wiljan Pluim juga akan menjadi starter untuk memimpin lini tengah PSM.

Di sisi lain, Maung Bandung diyakini masih akan menurunkan David da Silva di posisi ujung tombak.

Kembalinya Ciro Alves akan menambah kekuatan Persib Bandung di lini serang.

Beckham yang baru pulih dari cedera juga dipercaya akan menemani Marc Klok dengan Kambuaya di lini tengah.

Kembalinya Henhen Herdiana menjadikan Rachmat Irianto mungkin akan kembali menjadi bek tengah.

Prediksi Susunan Pemain di laga PSM Makassar vs Persib Bandung:

PSM Makassar:
Reza Arya; Safruddin Tahar, Dallen Doke, Akbar Tanjung, Yance Sayuri; M. Arfan, M. Rizky Eka; Wiljan Pluim, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri; Everton.

Persib Bandung:
I Made Wirawan, Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Rachmat Irianto, Daisuke Sato; Marc Klok, Beckham Putra, Ricky Kambuaya; Ciro Alves, David da Silva, Febri Hariyadi.(berbagai sumber/pp)

  • Bagikan