Salam Komando Irbar, Ketua PMTI Palopo, dan Lutra di Gedung SCC Sebagai Wujud Toleransi Holistik

  • Bagikan
SALAM KOMANDO. Ir Irbar Pairing Senobua, MT salam komando bersama ketua PD PMTI Luwu Utara Martina Simon, dan ketua PD PMTI Kota Palopo David Somalinggi di Gedung SCC, Sabtu malam 27 Agustus 2022. IST

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Nama Ir Irbar Pairing Senobua, MT menggema di arena acara pelantikan ketua PD PMTI Luwu Utara dan ketua PD PMTI Kota Palopo. Irbar Pairing yang sudah mewacana disebut sangat layak maju di pilwalkot Palopo tahun 2024.

Ia muncul dengan icon toleransi holistik. Nama Irbar Pairing Senobua di Kota Palopo memang sudah lama mewacana meramaikan bursa pilwalkot Palopo yang digadang-gadang digelar bulan November 2024. Apalagi di kalangan para pengurus di organisasi Persatuan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI).

Ketua PD PMTI Luwu Utara, Ir. Marthina Simon, M.Si, menyebut secara spesifik nama Irbar Pairing. Terselip dalam sambutan di acara pelantikannya sebagai ketua PD PMTI Luwu Utara.

Ia menyebut Irbar Pairing yang tak lain ketu PW PMTI Kalteng akan maju di pilwalkot Palopo. Ia dikenal dengan konsep toleransi holistik dalam memajukan Kota Palopo. ''Beliau muncul dengan program toleransi holistik,'' sebut Marthina Simon. "Hal ini sangat baik dan sungguh bermanfaat untuk semua masyarakat Palopo," lanjutnya.

Hal itu dipertegas lagi ketika menghadiri acara pelantikan ketua PD PMTI Kota Palopo. Kemudian foto bersama dan melakukan salam komando. Juga tampak dalam salam komando Ketua PD PMTI Kota Palopo, David Somalinggi, ST.

Kemesraan tiga tokoh ini adalah bagian dan cerminan dari toleransi holistik. Karena kalau tidak ada rasa toleransi di antara mereka foto salam komando tidak mungkin terjadi. Jadi itu salah satu bentuk dan contoh toleransi holistik. Selalu menjaga kebersamaan dalam setiap ruang komunikasi.

Foto salam komando mereka langsung mengundang perhatian tamu dan masyarakat Palopo yang memadati arena SCC. Sambil tersenyum, baik Martina dan David mensupport Irbar Pairing maju di pilwalkot Palopo. David sendiri mengaku sudah mengetahui wacana Irbar untuk bersama Palopo 2024.

Sementara itu, Ketum PMTI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa, mendorong kalau ada anggota pengurus yang mau maju meramaikan event politik. ''PMTI tak ikut berpolitik praktis. Tapi, kalau ada anggota secara person mau terjun ke gelanggang politik, silakan,'' ujar ketum PMTI Pusat.

Bagi Irbar Pairing adanya support dari masyarakat tentu menambah semangatnya untuk terus berjuang meramaikan bursa pilwalkot. Membangun komunikasi dengan semua pihak. Baik ketua-ketua parpol, tokoh masyarakat, pemuda, dan agama. Ia sejak awal telah memperkenalkan toleransi holistik.

Toleransi holistik akan dihadirkan di semua aspek. Baik toleransi holistik di bidang pemerintahan, pemerataan pembangunan, perekonomian, dan sosial kemasyarakatan. Kemudian toleransi holistik di setiap penganggaran, baik APBD tingkat II, provinsi, dan pusat. Toleransi holistik bidang keagamaan sudah menjadi harga mati. Sejak dari dulu berlaku.

Nah, toleransi holistik yang dikembangkan Irbar dari hasil pemikirannya adalah menyeluruh di semua aspek tersebut.(ary)

  • Bagikan