Irbar Mulai Rangkul Komunitas Band dan KCP Palopo

  • Bagikan
  • Ramaikan Wacana Pilwalkot Palopo 2024

PALOPO --- Di sela-sela kunjungannya di kampung halamannya di Kota Palopo, Ir Irbar Pairing Senobua, MT menyempatkan diri ngopi bersama dengan komunitas band dan komunitas Cinta Palopo, Selasa 29 Agustus 2024, di Cafe Qwerty Space, Jalan Anggrek.

Seperti yang tampak Selasa, malam, bakal calon wali Kota Palopo ini tampak kongkow-kongkow dengan komunitas band di Kota Palopo dan Komunitas Cinta Palopo (KCP). Suasana makin menarik karena hadir pula Andi Akrab, Idham Santiago, Jabbar Nur alias Mr Ege, Gibion Lomo alias Bung Gib.

Andi Akrab adalah mantan calon wali kota Palopo lalu. Ia juga teman di SMAN 158 Palopo dan Idham.

Dari komunitas band hadir Ibenk Savoxel dan lainnya. Sedangkan dari KCP hadir Gibion Lomo sebagai ketua, Nietha, Ita, Cece, dan lainnya.

Sambil mendengar alunan musik dan menikmati secangkir kopi, berbagai cerita mewarnai kebersamaan Irbar dengan mereka malam itu.

Senda gurau di antara mereka makin mengakrabkan suasana. Karena memang Irbar Pairing, bakal calon wali kota Palopo dan komunitas sudah saling kenal. Irbar lahir dan besar di Kota Palopo. Pernah mengenyam pendidikan di TK Muhammadiyah di Masamba. Kala itu ikut ayahanda yang tugas di sana sebagai polisi.

Kemudian SD sampai SMP dan SMA di Kota Palopo. Saat melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi, ia hijrah pendidikan ke Kota Makassar. Jadi memang nama Irbar sudah tak asing lagi di kota berjuluk "idaman" ini.

Sambil diskusi mengenang masa-masa SMA, Irbar Pairing juga menyelipkan wacana yang mendorong namanya meramaikan bursa pilwalkot Palopo 2024.

Wacana ini ditangkap oleh Irbar Pairing. Agar kelak namanya diperhitungkan dan kalau bisa tak sekadar wacana, ia lalu mencetuskan ide dan gagasan toleransi holistik. Saat orang berpikir mau maju, Irbar jauh lebih selangkah lagi. Yang membedakan dengan bakal calon lainnya, ide dan gagasan. Irbar Pairing Senobua sudah menyiapkan ide dan gagasan yang dikenal toleransi holistik itu.

Toleransi holistik tak hanya dipakai sebatas di keagamaan, suku, dan ras. Akan tetapi, ide dan gagasan Irbar ini menyeluruh. Menyentuh semua sendi kehidupan masyarakat Kota Palopo. Masyarakat Palopo diajak bertoleransi holistik di semua aspek. Toleransi holistik bidang pemerintahan, sosial kemasyarakatan, ekonomi, pembangunan, dan lainnya.

Termasuk di dalamnya toleransi holistik untuk kalangan pemusik dan KCP ini. Mereka bisa bersama-sama di komunitas karena adanya kesepahaman visi misi. Itulah bagian dari toleransi holistik. "Toleransi begitu gambarannya," ujar Irbar Pairing yang rumah orangtuanya berlokasi di BTN Merdeka.

Andi Akrab, Idham Santiago, Mr Ege, Bung Gib dan lainnya sangat sepakat dengan toleransi holistik yang digagas Irbar untuk bersama dengan masyarakat Kota Palopo. "Ide dan gagasan Irbar ini sangat pas untuk Palopo. Bahkan, ia satu-satunya bakal calon melahirkan ide saat calon lain hanya berpikir mau maju," tandas Andi Akrab dan diiyakan yang lain.

Andi Akrab mengaku sangat kenal dan paham dengan bakal calon wali kota ini. "Beliau bisa sukses karena kepribadiannya yang selalu membuka ruang komunikasi. Tanpa membedak-bedakan teman," ujar mantan Kadishub Luwu dan kabag pemerintahan.

Terbukti saat ngopi bareng di Cafe Qwerty Space, Jalan Anggrek, ia diajak oleh Irbar bersama teman-teman lainnya.(ary)

  • Bagikan