KKSSB Gelar Raker dan Pengajian KKSSB di Aula IAIN

  • Bagikan

PALOPO --- Kerukunan Keluarga Suli dan Sulit Barat (KKSSB) menggelar rapat kerja (raker) dan pengajian di Aula IAIN Palopo, Sabtu 10 September 2022. Dari raker dan pengajian terungkap sejumlah program ke depan. Satu program wajib, satu lagi sunnah.

Raker dihadiri puluhan warga Suli dan Suli Barat di Kota Palopo. Tampak hadir Rektor IAIN Palopo, Prof Dr H Abdul Pirol, M.Ag, Ketua KKSSB, Dr H. Suaedi, M.Si, Taufiq, M.Kes, Dr Ishak Iskandar, SKM, M.Kes, Dirham Latief, dan tokoh Suli lainnya.

Raker dan pengajian juga diisi materi oleh Rektor IAIN Palopo, Prof Pirol. Rektor IAIN Palopo dalam arahannya
sangat mensupport acara kerukunan ini. "Perlu kita support untuk kemajuan bersama. Di Kampus ini banyak warga Suli yang menjadi pejabat," ujar Prof Pirol.

Prof Pirol juga mengemukakan dalam agama mengajarkan agar dalam hidup harus berusaha dan berdoa. "Berusaha sekuat tenaga dan berdoa sebanyak mungkin," tandasnya.

Ia berpesan agar KKSSB perlu memprogramkan penyiapan calon mahasiswa terkait karakter dan wawasan. "Terutama kemampuan membaca Alquran dan praktik ibadahnya," imbuhnya. "Termasuk semangat untuk belajar dan meningkatkan pengetahuannya," lanjut rektor IAIN Palopo lagi.

Di tempat yang sama, Ketua Umum KKSSB Dr H Suaedi, M.Si, mengharapkan program kerja yang dibuat dapat bermanfaat untuk kemajuan dan kemaslahatan warga Suli dan Suli Barat. "Untuk perluasan silaturahmi kita akan mengundang juga bergabung keluarga yang ada di Luwu Raya, Makassar, dan bahkan seluruh dunia agar kekuatan silaturahmi ini lebih meluas," ujarnya.

Ia juga berharap program kerja dari setiap bidang cukup dua saja. "1 program wajib dan 1 lagi sunnah," katanya.

Adapun program kerja KKSSB, yakni,
bidang kesekretariatan meliputi pengadaan sekretariat tetap, pengadaan baju seragam.
Kemudian bidang keanggotaan meliputi pendataan keanggotaan di Palopo dan Luwu Raya, pendataan keanggotaan mahasiswa. Selanjutnya, bidang Hubungan Eksternal mencakup bekerja sama dengan organisasi paguyuban sejenis dan kelompok masyarakat lainnya, membentuk unit usaha mahasiswa di Palopo. Lainnya, bidang Politik Hukum dan HAM melingkupi
pendidikan politik bagi keluarga, terutama bagi yang akan maju kancah politik, bantuan hukum bagi anggota. Sedangkan bidang Kepedulian Sosial memprogramkan bantuan dan penanggulangan bencana, edukasi ke sekolah putri, pemeriksaan Kesehatan gratis. Dan bidang Sumberdaya Keluarga mencakup beasiswa, bantuan Studi, program anak asuh.

Untuk Bidang Keagamaan meliputi membina Pondok pesantren di Suli dan Suli Barat untuk menjadi sekolah rujukan, pengajian rutin per bulan.
Bidang Pendanaan meliputi sumbangan donatur, membangun sinergitas dengan UKM baik yang dimiliki warga maupun pihak lain. Bidang Kelembagaan meliputi menetapkan perwakilan keluarga di berbagai daerah dan menyebarluaskan kegiatan melalui internet.

Sementara itu, Ketua Panitia Dirham Latief, dalam sambutannya intinya
kegiatan ini intinya silaturahmi. "Lalu kita dengarkan arahan pak Rektor IAIN kemudian kita ramu menjadi program kerja KKSSB," kata Dirham.(ary)

  • Bagikan