28 September, 68 Cakades akan Bertarung

  • Bagikan
Cakades Mukti Jaya, Kecamatan Baebunta Selatan, Muhammad Yusuf A. Wani berinisiatif menindaklanjuti pakta integritas yang ditandatanganinya dengan memaparkan kembali di hadapan tim dan simpatisannya, Minggu 11 September 2022.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara bakal menggelar pesta demokrasi di tingkat desa. Yakni Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak pada 28 September 2022 mendatang di 23 desa yang ada di Kabupaten Luwu Utara.

Tahun ini, Pilkades diikuti 68 calon kepala desa (cakades). 68 cakades telah mengikuti Orientasi dan Penandatanganan Pakta Integritas di hadapan Bupati pada Kamis 8 September 2022 lalu. Pakta integritas ini menjadi komitmen bersama untuk menciptakan Pilkades damai.

Salah seorang cakades, Muhammad Yusuf A. Wani, berinisiatif menindaklanjuti pakta integritas yang ditandatanganinya tersebut, dengan memaparkan kembali tujuh poin pakta integritas di hadapan tim dan simpatisannya di Desa Mukti Jaya, Minggu 11 September 2022.

Muhammad Yusuf A. Wani mengatakan dirinya sengaja mengumpulkan seluruh tim, simpatisan dan pendukungnya untuk memaparkan kembali tujuh poin dalam pakta integritas yang telah ditandatangani bersama dengam seluruh calon kepala desa yang ada.

“Saya menyampaikan tujuh poin dalam pakta integritas kepada seluruh tim dan simpatisan bahwa pakta integritas ini wajib didukung sebagai bentuk komitmen dalam rangka mewujudkan pilkades damai,” tutur Cakades Mukti Jaya Kecamatan Baebunta Selatan ini.

Yusuf mengatakan bahwa pakta integritas ini adalah komitmen bersama untuk mendukung dan menyukseskan pilkades damai.
“Pakta integritas ini adalah kesepakatan yang harus kita dukung untuk menyukseskan pilkades damai,” kata dia di hadapan pendukungnya.
Masih kata dia, kegiatan pemaparan kembali tujuh poin pakta integritas adalah untuk merespon keinginan Bupati Luwu Utara agar semua cakades dapat memberikan contoh yang baik demi terciptanya pilkades yang betul-betul kondusif dan bermartabat.

“Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari penandatanganan pakta integritas bersama Bupati, juga sebagai respon keinginan Bupati agar seluruh cakades memberikan contoh yang baik dan langkah-langkah terobosan untuk mewujudkan pilkades damai,” terangnya.

Adapun 23 desa yang melaksanakan Pilkades: Sabbang, Tulak Tallu, Hono, Komba, Bumi Harapan, Mukti Jaya, Lapapa, Rompu, Sepakat, Pandak, Kalitata, Waelawi, Pao, Wara, Pombakka, Tolada, Takkalala, Kaluku, Tulung Sari, Sukaraya, Patila, Bungadidi dan Sumberdadi.(jun/rhm)

Tujuh Poin Pakta Integritas Pilkades
(1) Siap menerima dan mengakui hasil Pilkades dengan sadar dan penuh tanggung jawab
(2) Mendukung pelaksanaan Pilkades jujur, damai, aman dan demokratis
(3) Tidak melakukan praktik KKN
(4) Melaporkan kepada pihak berwenang apabila mengetahui ada indikasi KKN
(5) Melaksanakan revolusi mental, baik untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat dalam wilayah Desa saya
(6) Tidak menjanjikan jabatan Perangkat Desa sebagai bahan kampanye kepada masyarakat; (7) Tidak melaksanakan black campaigne untuk menjatuhkan salah satu Cakades dan money politic.

  • Bagikan