SMKN 4 Tana Toraja Terpilih SMK Pusat Keunggulan Lewat Aspirasi Dewan ESR

  • Bagikan

Pihak SMKN 4 Tana Toraja di Kelurahan Sanda Bilik Kecamatan Makale Selatan saat mendapat informasi dan menerima aspirasi Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba. --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba (ESR) melalui aspirasinya menetapkan SMK Negeri 4 Tana Toraja sebagai SMK Pusat Keunggulan tahun 2022.

Program Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi itu tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal (Kepdirjen) Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Nomor 12/D/0/2022 tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan tahun 2022 tahap satu.

Eva Stevany mengatakan SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja.

Lanjutnya hal itu diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja (DUDIKA) yang akhirnya menjadi SMK rujukan dan berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkata kualitas dan kinerja SMK lainnya.

“Lewat aspirasi saya, SMKN 4 Tana Toraja ditetapkan menjadi SMK Pusat Keunggulan dan saya berharap sekolah ini dipercaya menjadi pelopor semangat terciptanya sekolah masa depan yang memiliki nuansa ramah anak,” terang Eva, Senin (19/9/2022).

Sehingga itu nantinya, ESR berharap dapat membuat proses belajar mengajar menjadi menyenangkan di Toraja.

Legislator pusat partai Nasdem itu juga meminta pihak SMKN 4 Tana Toraja dengan program SMK Pusat Keunggulan dapat menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kinerja dan kualitas sekolah-sekolah disekitarnya.

“Sehingga nantinya semakin relevan dengan kebutuhan industri dan dunia kerja, ada ratusan SMK ikut berpartisipasi pada pengajuan program bantuan ini,” ujar Eva.

Namun, dinyatakan sesuai dengan kriteria pemenuhan melalui penyeleksian yang kompetitif sebagai SMK Pusat Keunggulan dan yang keluar yakni SMKN 4 Tana Toraja.

Sementara Kepala SMKN 4 Tana Toraja, Berthyna Adherlyne Tukkeng menjelaskan geliat aktifitas yang berarti dan berkualitas terlebih telah terpilih sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan pada tahun 2022.

“Tentu kami bahagia dengan tetapkannya sekolah kami sebagai salah satu SMK pusat keunggulan, salam hormat kami kepada Bu Dewan Eva Rataba atas bantuan dan perjuangannya mengawal sekolah kami,” ungkapnya.

Diketahui program SMK Pusat Keunggulan bertujuan memperkuat kemitraan serta kualitas sumber daya manusia SMK, kompetensi keterampilan nonteknis (softskill) dan keterampilan teknis (hardskills), mewujudkan perencanaan yang berbasis data, meningkatkan efisiensi dan mengurangi kompleksitas, dan meningkatkaan sarana dan prasarana serta memperkuat kemitraan dan kerja sama.

SMK Pusat Keunggulan merupakan salah satu program unggulan yang akan menjadi ‘Merdeka Belajar’ yang kedelapan.

Proses persiapan program tersebut sangat detail, mengingat berkaitan dengan 1,5 juta lulusan SMK di Indonesia, baik lulusan yang bekerja, wirausaha, ataupun melanjutkan ke perguruan tinggi, yang semuanya harus ‘link and match’ dengan dunia usaha dan dunia industri.

SMKN 4 Tana Toraja berlokasi di Kelurahan Sanda Bilik, Kecamatan Makale Selatan dengan tiga program keahlian yaitu Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Tata Busana. (risna)

  • Bagikan