Buka Rakorda Regsosek, Wabup Torut: Hasilkan Data Akurat Agar Penyaluran Bantuan Tepat Sasaran

  • Bagikan

Wabup Torut Frederick Victor Palimbong saat membuka sekaligus menyampaikan kata sambutannya Selasa, 20 September 2022. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO -Wakil Bupati Kabupaten Toraja Utara Frederik Viktor Palimbong, ST membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) mengenai pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 yang berlangsung di Ruang Pango-Pango Misliana Hotel, Kecamatan Kesu' , Toraja Utara, Selasa, 20 September 2022.

Dalam sambutannya Wabup Toraja Utara berharap agar Regsosek ini dapat menghasilkan data yang akurat agar penyaluran bantuan tepat sasaran.

“Regsosek merupakan bagian dari reformasi sistem perlindungan sosial yang perlu dilakukan untuk perbaikan data yang terdiri dari profil, kondisi sosial dan ekonomi pada tingakat desa atau kelurahan yang terhubung dengan data kependudukan, sehingga bantuan sosial sebagai bagian dari perlindungan sosial dapat kita salurkan tempat sasaran pada masyarakat," ujar Dedy Palimbong sapaan akrabnya.

Selain itu, Frederik V Palimbong juga Regsosek nantinya akan digunakan sebagai basis data. Jadi, tidak saja untuk perlindungan sosial tapi lebih dari itu nantinya akan menjadi data tunggal dan akan digunakan oleh Pemerintah untuk melakukan pemutakhiran data. Sehingga, keterlibatan semua pihak untuk memastikan data tersebut terupdate sangat dibutuhkan.

Senada dengan itu disampaikan oleh kepala BPS Toraja Utara, Joni Matasik, SE, Rapat koordinasi daerah Kabupaten Toraja Utara yang dilaksanakan hari ini adalah sebagai wujud kolaborasi lingkup Kabupaten Toraja Utara dalam mengawal kegiatan pemetaan awal registrasi sosial ekonomi (regsosek) kegiatan ini diikuti lingkup pemerintahan daerah Toraja Utara.

Regsosek Kabupaten Toraja Utara yang mengangkat tema Mencatat untuk Membangun Negeri Satu Data Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat .

Selain itu, juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama dalam menyukseskan Pendataan Awal Regsosek oleh Wakil Bupati Toraja Utara, Pj, Sekda Toraja Utara, Forkopimda Toraja utara,Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Toraja Utara serta Kepala OPD dan Camat se-Toraja Utara.

Dalam Regsosek tersebut turut dihadiri Forkopimda Toraja Utara, Pj, Sekda Toraja Utara Salvius Pasang., S.P,.M.P, Kepala OPD Toraja Utara dan Camat se-kabupaten Toraja Utara serta diskusi panel dengan narasumber, Pj.Sekda Toraja Utara, Kepala Bappelitbangda, Yohanis Terung, SP., M.Si, Kadis Sosial, Elias Madi Para'pak, S.Sos., MM dan moderator Sekretaris Kominfo-SP, Ronyanto Popang Tangkeallo,S.Kom., M.Tr.A.P. (albert tinus)

  • Bagikan