Pemuda Harus Siap Mengisi Posisi Penting

  • Bagikan
Ahmad Rifai
  • Sustainable Development Goal
  • OLEH: Ahmad Rifai, Putera Lutim kelahiran Wotu.

PENGEMBANGAN Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia adalah bagian dari proses dan tujuan dalam pembangunan nasional Indonesia. Oleh karena itu, pikiran-pikiran pembangunan yang berkembang di Indonesia dewasa ini sangat dipengaruhi oleh kesadaran yang makin kuat akan tidak terhindarnya keikutsertaan bangsa Indonesia dalam proses global yang sedang berlangsung itu. Diharapkan proses ini membawa keuntungan dan secepatnya mendorong proses pembangunan nasional.

Pada waktu yang bersamaan pula, bangsa Indonesia juga juga akan menghadapi tantangan untuk mengejar ketertinggalan dari bangsa-bangsa lain yang telah lebih dahulu maju. Oleh karena itu, pembangunan bangsa yang maju harus selalu kita hembuskan, untuk mewujudkan kesejahteraan, mengharuskan dikembangkannya konsep pembangunan yang bertumpu pada manusia dan masyarakatnya. Atas dasar itu, untuk mencapai tujuan pembangunan yang demikian, titik berat pembangunan diletakkan pada bidang ekonomi dengan kualitas sumber daya manusia.

Luwu Timur menjadi Suatu Daerah Lokomotif yang ada di Sulawesi Selatan dan saat ini menjadi Daerah Primadona karena ada satu Perusahaan tambang Raksasa disana yaitu PT. Vale. Tbk, muncuatnya isu Perpanjangan Izin PT. Vale. Tbk tentu kita bertanya-tanya selama ini seberapa besar kontribusi PT. Vale .Tbk kepada masyarakat Luwu Timur ?

Sejauh pemahaman saya juga bahwa dalam suatu perusahaan ada yang dinamakan Corporate social responsibility atau CSR adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan di dunia usaha atau industri sebagai rasa tanggung jawab. Tanggung jawab itu akan ditujukan untuk sosial maupun lingkungan sekitar.
Dana CSR yang diperuntukkan untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat, peningkatan kualitas masyarakat. Fasilitas tersebut khususnya untuk masyarakat, ini tentu harus selalu didorong karena menjadi sebuah kewajiban perusahaan PT. Vale. Tbk.

Tentunya sebagai generasi muda harus selalu mengawal isu ini dan memastikan bahwa hak masyarakat mengenai Dana CSR dan Peruntukannya harus jelas dan merata karena terlihat baru beberapa daerah yang merasakan langsung manfaat Dana CSR tersebut, melalui tulisan ini saya juga berharap agar beberapa Putera dan Puteri terbaik Luwu Timur bisa diangkat sebagai salahsatu pimpinan atau direksi di Perusahaan Raksasa tersebut yaitu PT. Vale. Tbk.(*)


*) Presenter 1st Internasional Manpower Sustainable and Development G20 (IMSIDE G20)

  • Bagikan