28 September, 68 Calkades Bertarung di 23 Desa Indah: Jangan Ada Politik Uang!

  • Bagikan
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA -- Sebanyak 68 orang Calon Kepala Desa (Calkades) akan bertarung pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 28 September 2022 mendatang.

Saat ini memasuki minggu tenang sejak 19 September hingga 23 September 2022, dan akan dilaksanakan Pilkades secara serentak pada 28 September 2028 mendatang.

Kabid Bina PMD Luwu Utara, Sitti Fatima Kepada Palopo Pos, Rabu 21 September 2022 mengatakan, ada 68 Calkades yang akan bertarung di 23 desa se Luwu Utara.

''Saat ini telah memasuki masa tenang dan logistik telah didistribusikan ke semua desa,'' tutur Sitti Fatima kemarin. Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan menjadi pemimpin adalah pilihan yang ditentukan dengan sadar. Artinya hanya orang yang sadar punya komitmen untuk hadir sebagai pemimpin dan tentu saja didasari dengan niat baik.

Kepala desa kata Indah adalah pemerintahan terkecil, dimana pemerintahan dimulai dari presiden, gubernur, bupati, camat dan terakhir kepala desa. "Artinya sebagai orang yang akan diamanahkan untuk memimpin struktur pemerintahan harus memahami betul tentang hadirnya negara," pesan Indah.
Indah mengatakan semua calon pemimpin sudah harus menunjukkan komitmennya sejak awal.

Terutama menghadirkan kondisi yang kondusif dalam pemilihan kepala desa serantak dan pasca pemilihan kepala desa serentak. "Saya yakin bapak ibu memiliki hal-hal yang baik berarti akan memberikan yang baik untuk masyarakatnya. Apalagi kalau kita memiliki niat yang baik tentu semua yang kita berikan ke masyarakat pasti baik,'' sebut orang nomor satu di Luwu Utara ini.

Indah meminta kepada calon kepala desa tidak memberikan harapan palsu ke masyarakat. "Tolong jangan menjanjikan hal-hal yang tidak mungkin kita berikan kepada masyarakat. Saya tegaskan lagi jangan ada money politik," tegas Indah. Ia berharap 68 calon kepala desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak berkomitmen, melaksanakan dengan jujur, aman terkendali dan tanpa sengketa.

"Saya mengimbau kepada kita semua salah satu potensi masalah kalau wasit tidak netral. Jadi saya meminta wasitnya betul-betul menjalankan fungsi wasit tidak ikut sebagai pemain," pesannya. Sementara itu, Kapolres Luwu Utara melalui Kabag Ops Kompol Muhammad Adnan mengatakan terkait kesiapan pengamanan Polres Luwu Utara telah melakukan upaya diantaranya adalah melakukan patroli dan razia miras.

''Terkait dengan pengamanan Pilkades, ada 140 personel Polres Luwu Utara diterjunkan untuk pengamanan serta bantuan dari Brimob nantinya,'' jelasnya.
Adapun 23 desa yang melaksanakan Pilkades: Sabbang, Tulak Tallu, Hono, Komba, Bumi Harapan, Mukti Jaya, Lapapa, Rompu, Sepakat, Pandak, Kalitata, Waelawi, Pao, Wara, Pombakka, Tolada, Takkalala, Kaluku, Tulung Sari, Sukaraya, Patila, Bungadidi dan Sumberdadi.(jun/rhm)

Tujuh Poin Pakta Integritas Pilkades
(1) Siap menerima dan mengakui hasil Pilkades dengan sadar dan penuh tanggung jawab
(2) Mendukung pelaksanaan Pilkades jujur, damai, aman dan demokratis
(3) Tidak melakukan praktik KKN
(4) Melaporkan kepada pihak berwenang apabila mengetahui ada indikasi KKN
(5) Melaksanakan revolusi mental, baik untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat dalam wilayah Desa saya
(6) Tidak menjanjikan jabatan Perangkat Desa sebagai bahan kampanye kepada masyarakat; (7) Tidak melaksanakan black campaigne untuk menjatuhkan salah satu Cakades dan money politic.

  • Bagikan