Grup G Liga Beringin Segera Bergulir, Perebutkan Hadiah Rp215 Juta, Tiga Tim Besar Asal Tana Luwu dan Toraja Bakal Bentrok

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Masyarakat Tana Luwu dan Toraja kembali akan menyaksikan turnamen sepakbola bergengsi. Turnamen yang bertajuk Liga Beringin ini, akan berlangsung di Stadion Lagaligo Palopo, khusus untuk yang tergabung di Grup G.

Rencananya, turnamen bergengsi yang diprakarsai Partai Golkar ini akan dibuka Wakil Wali Kota Palopo sekaligus Ketua DPD Golkar Palopo Dr. Ir. H. Rahmat Masri Bandaso., M.Si.

Grup G yang didalamnya tergabung tiga kesebelasan yakni dari Tana Toraja, Toraja Utara, dan Gaspa Palopo selaku tuan rumah akan dimulai 2 Oktober 2022.

Pada babak penyisihan, akan dilaksanakan di Stadion Lagaligo. Masyarakat yang ingin menyaksikan turnamen ini, bebas masuk stadion alias gratis atau tidak dipungut biaya.

Menurut Pengurus Golkar Palopo, Baharman Supri, Grup G ini, akan memperebutkan dua tim terbaik untuk melaju ke babak berikutnya. Artinya, satu tim dipastikan akan jatuh. Dua diantaranya lolos ke babak 16 besar. Mereka kembali bertemu di Toraja.

Kompetisi Liga Beringin ini bakal bermandikan bonus. Mereka yang akan mendapatkan bonus di antaranya pemain terbaik, pencetak gol terbanyak, manager terbaik, dan wasit terbaik. Total hadiah Rp215 juta. Juga, akan memperebutkan piala bergilir Airlangga Hartarto.

''Kita bangga DPD I Partai Golkar dalam hal ini Dr. Taufan Pawe SH, MH, yang memiliki kepedulian terhadap bola. Beliau mampu memperlihatkan karya yang nyata. Di mana, saat ini PSM Makassar yang kehilangan Stadion, tapi TP mampu memberi solusi dengan mempersiapkan Lapangan dan basecamp di Kota Parepare. Para pencinta sepakbola tentu merasa berterima kasih terhadap Golkar dan TP. Ditambah lagi, Liga Beringin yang akan menghidupkan kembali baik bibit maupun para pecinta bola di Sulsel,'' kata Baharman Supri yang juga manager Gaspa Palopo.

Baharman membeberkan perbedaan Liga Beringin dengan Liga Golkar. Menurutnya, beringin memiliki nilai kultur, historis, dan folosifis.

Anggota DPRD Kota Palopo ini mengatakan, Beringin itu sendiri pohon yang kuat akarnya. Menjulang ke tanah. Rimbun, bisa melindungi pohon kecil- kecil untuk tumbuh bersamanya. Tidak egois dan mau bekerja sama. Di situlah kekuatan Golkar yang dibangun bersama birokrasi dan TNI di masa lampau.

Liga Beringin 2022 sendiri akan digelar di 13 daerah di Sulsel dan bergulir pada 30 September hingga Oktober mendatang dan berlangsung di 13 stadion yang ada di Sulsel.

Adapun klub peserta berasal dari puluhan Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan.

Delapan daerah diantaranya menggelar babak penyisian, empat daerah menggelar 16 besar. Sementara satu daerah menggelar delapan besar hingga partai final.

Pesertanya ada 24 klub sepak bola masing-masing perwakilan 24 daerah di Sulsel. 24 klub ini telah mendapat rekomendasi dari DPD II Golkar daerah mereka masing-masing.

Liga Beringin 2022 disambut antusias klub - klub sepak bola yang ada di daerah. Sehingga untuk Liga Beringin 2023 mendatang, jumlah pesertanya setiap perwakilan daerah ditambah.

Untuk diketahui pembukaan Turnamen Beringin 2022 akan berlangsung di Stadion La Patau Kabupaten Bone, 30 September 2022. (*/pp)

  • Bagikan