IKAT Nusantara Terbentuk, Irjen Pol (P) Frederik Kalalembang Jabat Ketua Umum

  • Bagikan
Sejumlah tokoh Toraja yang berasal dari beberapa kota di Indonesia, mendeklarasikan berdirinya Ikatan Keluarga Toraja (Ikat Nusantara), Sabtu (1/10/2022). IST

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA -- Sejumlah tokoh Toraja berpengaruh yang berasal dari beberapa kota di Indonesia, mendeklarasikan berdirinya Ikatan Keluarga Toraja (IKAT Nusantara), Sabtu (1/10/2022). Organisasi ini dimaksudkan sebagai tempat berhimpun seluruh organisasi kerukunan kekeluargaan masyarakat Toraja dari berbagai wilayah di Nusantara dan Mancanegara.


Acara yang berlangsung di Gedung Tribrata tersebut diikuti para utusan dari berbagai lembaga organisasi sosial kemasyarakatan Toraja se-Indonesia.


Tokoh-tokoh Toraja yang hadir pada kesempatan itu antara Irjen Pol. Purn Frederik Kalalembang, mantan Bupati Tana Toraja Kol. Inf. Purn. Drs. Tarsis Kodrat, mantan Anggota DPD RI Litha Brent, mantan Anggota DPR RI Carol Yani Kadang, Ir. Jonathan Pasodung, MT, Yuli Parantean Bura, H. Annar Sampetoding, Ir. Bobby Sangka’, Ronny D. Tulak, Dr. David Allorerung, Ishak Pagalla, Dr. Edy Ratetasak, Alex Rantetoding, Emyati Tangke Lembang, Nemba Tangkeallo, Saltje Talamma’, H. Ramli Randa, Prof. Dr. Marthen Napang, drg. Ferry Latanna, Hendra Sinadia, SH, MBA dan lain sebagainya.


Acara deklarasi diawali dengan doa oleh ulama Muslim, Kristen Protestan dan Katolik, disusul dengan penekanan tombol deklarasi oleh penggagas IkaT Nusantara yaitu Irjen Pol. Purn. Drs. Frederik Kalalembang, Ir. Bobby Sangka, Dr. David Allorerung, April Bulo dan Ruman Tumbo. Sedangkan pembacaan naskah deklarasi IKaT Nusantara dibacakan oleh wakil dari IKT Merauke, Irianto Sabar Gatang, didampingi para utusan dari berbagai organisasi kemasyarakatan Toraja dari beberapa kota di Nusantara.


“Adanya IkaT Nusantara, tidak akan mengubah status, eksistensi dan simbol-simbol serta nama dari berbagai organisasi kerukunan masyarakat Toraja yang sudah ada sebelumnya,” tandas Irianto.


Naskah deklarasi kemudian ditandatangani oleh utusan dari beberapa organisasi kemasyarakatan dari berbagai daerah. Antara lain Kombongan Sangtorayaan Makassar, HIKMAT Bandung, IKAT Jabodetabek, IKAT Kabupaten Luwu, IKAT Luwu Timur, IKAT Malang, IKAT Tarakan, IKAT Tana Luwu, IKKT Batam, IKKT Probolinggo-Lumajang, IKT Asmat, IKT Merauke, IKT Papua, IKAT Malang dan lain-lain.


Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan latar belakang dan tujuan deklarasi IKaT Nusantara oleh Ketua Panitia, April Bulo. Seusai deklarasi tersebut, disepakati untuk melengkapi susunan kepengurusan IkaT Nusantara oleh Tim Formatur yang diketuai oleh Irjen Pol. Purn. Frederik Kala’lembang dan Dr. David Allorerung selaku sekretaris tim.


Tim formatur akan diberi waktu selama satu bulan untuk membentuk susunan pengurus lengkap IkaT Nusantara dengan melibatkan berbagai tokoh Toraja baik di pusat maupun daerah. (int)

  • Bagikan